Pengaruh Metode Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Konstruksi Baja Siswa Kelas XI SMK N 4 Semarang

Sidiq Firmansyah , 5101407010 (2011) Pengaruh Metode Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Konstruksi Baja Siswa Kelas XI SMK N 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Metode Genius Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Konstruksi Baja Siswa Kelas XI SMK N 4 Semarang) - Published Version
Download (1956Kb)

    Abstract

    Metode pembelajaran yang umum dilakukan oleh guru yaitu ceramah. Dengan metode ceramah siswa cenderung pasif tanpa ada kesempatan mengelola sendiri pengetahuan yang diperoleh, akibatnya siswa kurang memahami materi pelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan yaitu metode pembelajaran Genius Learning. Metode Genius Learning menempatkan siswa sebagai pusat pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah dan berapakah besar pengaruh metode Genius Learning terhadap hasil belajar mata diklat konstruksi baja siswa kelas XI SMK N 4 Semarang. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode pembelajaran Genius Learning terhadap hasil belajar siswa siswa kelas XI SMK N 4 Semarang. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian teknik gambar bangunan di SMK Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2011/2012, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI Gambar Bangunan Satu dan XI Gambar Bangunan Dua. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes .dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai ulangan pada bab sebelumnya sedangkan Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu Total Sampling. Metode yang digunakan untuk mengambil data yaitu metode observasi, metode tes, metode dokumentasi. Data hasil tes kognitif yang diperoleh akan dianalisis melalui dua tahap yaitu uji tahap awal dan uji tahap akhir. Dari analisis data pada uji tahap awal diperoleh bahwa uji kesamaan rata-rata pada saat pre test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung = 1,27 sedangkan Ftabel = 2,16, karena Fhitung < Ftabel maka kedua kelompok mempunyai rata-rata yang sama. Sedangkan dari analisis data pada uji tahap akhir diperoleh bahwa uji perbedaan kedua rata-rata (satu pihak) pada saat post test diperoleh thitung = 4,058 lebih besar dari ttabel = 2,005, maka hipotesis Ho ditolak. Oleh karena Ho ditolak berarti metode pembelajaran Genius Learning lebih baik daripada metode pembelajaran Konvensional. Berdasarkan perhitungan koefisien biserial pengaruh metode Genius Learning terhadap hasil belajar = 36,07%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mata diklat konstruksi baja pada siswa yang mendapatkan pengajaran dengan menggunakan metode genius learning hasilnya lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan metode konvensional (ceramah). Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan metode genius learning lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata diklat konstruksi baja dibandingkan metode konvensional (ceramah).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Genius Learning, Hasil Belajar Konstruksi Baja
    Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 28 Nov 2011 23:13
    Last Modified: 25 Apr 2015 03:41

    Actions (login required)

    View Item