PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANGTUA, LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA KELAS XII DI KELURAHAN SENDANGGUWO, SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010.


Andriani Dian Sofiarini , 7101406519 (2011) PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANGTUA, LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA KELAS XII DI KELURAHAN SENDANGGUWO, SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, unnes.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANGTUA, LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA KELAS XII DI KELURAHAN SENDANGGUWO, SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. ] Microsoft Word (PENGARUH KONDISI EKONOMI ORANGTUA, LINGKUNGAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA KELAS XII DI KELURAHAN SENDANGGUWO, SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

SARI Sofiarini, Andriani Dian. 2010. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orangtua, Lingkungan dan Motivasi Belajar terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada siswa SMA Kelas XII di Kelurahan Sendangguwo, Semarang Tahun 2010. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Kusumantoro, S.Pd, M.Si. II. Dra. Y. Titik Haryati, M.Si.78h Kata kunci : Kondisi Ekonomi Orangtua, Lingkungan, Motivasi Belajar, Minat Minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA di Kelurahan Sendangguwo dapat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi orangtua, lingkungan dan motivasi belajar siswa tersebut. Namun ketiga faktor tersebut harus dapat dibuktikan kebenarannya melalui penelitian agar memperoleh jawaban yang akurat. Menurut hasil observasi, rata-rata kondisi ekonomi orangtua pada wilayah tersebut adalah sebagai Pegawai dengan lingkungan pendidikan rendah namun motivasi belajar tiap anak yang cukup tinggi. Berdasar hasil observasi di atas, memunculkan permasalahan dari masing-masing faktor tersebut terhadap minat belajar anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh masing-masing variabel secara parsial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (2) adakah pengaruh masing-masing variabel secara simultan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA di Kelurahan Sendangguwo. Populasi dalam penelitian ini adalah 111 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling (rumus Slovin) diperoleh 53 siswa. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif dan analisis regresi berganda serta uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi ekonomi memiliki persentase tinggi yaitu 73,8%, lingkungan dengan persentase 42%, motivasi belajar sebesar 93,9% dan minat yang dimiliki sebesar 74,46%. Hasil analisis regresi menunjukan ada pengaruh secara parsial masingmasing variabel terhadap minat belajar. Secara bersama-sama(simultan) ketiga variabel tersebut berpengaruh sebesar 70% dan 30% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif masing-masing variabel terhadap minat belajar. Saran penelitian ini adalah (1) Hendaknya orangtua juga memperhatikan bagaimana keinginan pendidikan anak. (2) Pemerintah dan perguruan tinggi sebaiknya memberikan beasiswa bagi anak yang berprestasi agar dapat melanjutkan pendidikannya. (3) Hendaknya anak mampu menumbuhkan kesadaran minat belajar tanpa mengabaikan kondisi ekonomi orangtua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kondisi Ekonomi Orangtua, Lingkungan, Motivasi Belajar, Minat
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:18
Last Modified: 29 Nov 2011 05:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9877

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item