Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada Materi Pokok Himpunan.


Cita Lusty Ardliana, 4101406519 (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada Materi Pokok Himpunan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada Materi Pokok Himpunan.] Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada Materi Pokok Himpunan.) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

ABSTRAK Ardliana, C L. 2010. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Bantuan Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada Materi Pokok Himpunan. Skripsi, Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs.Amin Suyitno, M.Pd, pembimbing II: Endang Sugiharti, S.Si, M.Kom Kata Kunci : Tipe Jigsaw, Audio Visual, Hasil Belajar. Model pembelajaran yang dilakukan oleh guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam keberhasilan pendidikan. Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan menentukan keefektifan dan keefisienan dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dimungkinkan mampu mencapai keberhasilan pendidikan adalah dengan menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada materi pokok himpunan lebih baik dari model pembelajaran pada umumnya (ekspositori). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester 2 SMP N 4 Magelang tahun pelajaran 2009/2010. Setelah diadakan uji homogenitas, populasi bersifat homogen. Dengan menggunakan teknik random sampling diperoleh dua kelas sampel yaitu kelas VIIe sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan media pembelajaran audio visual, dan kelas VIId sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan pembelajaran ekspositori. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis uji t data hasil belajar dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh harga thitung sebesar 5,34 dan harga ttabel sebesar 1,99. Karena thitung lebih besar dari ttabel berarti hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan media pembelajaran audio visual peserta didik kelas VII SMP N 4 Magelang pada materi ajar himpunan lebih baik terhadap peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan model pengajaran ekspositori yang sering dilakukan oleh guru pada umumnya. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah : (1) guru sebagai fasilitator dan motivator peserta didik sebaiknya mengajar dengan model pengajaran tipe Jigsaw dengan bantuan audio visual yang mampu membantu paserta didik dalam memahami materi yang diajarkan; (2) bagi peneliti lain, dapat melakukan penelitian serupa dengan permasalahan lebih terfokus pada kelebihan model yang diterapkan yaitu model pembelajaran tipe Jigsaw dengan bantuan audio visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tipe Jigsaw, Audio Visual, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:18
Last Modified: 29 Nov 2011 05:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9874

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item