Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Media VCD Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010.


Saif Fajri Ahmad, 3101406041 (2011) Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Media VCD Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Media VCD Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010.] Microsoft Word (Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Media VCD Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010.) - Published Version
Download (58kB)

Abstract

SARI AHMAD, SAIF FAJRI. 2010. Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write Dengan Media VCD Pembelajaran Pada Siswa Kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. 118+xvi Kata Kunci : Prestasi Belajar, Think Talk Write, VCD Pembelajaran Pembelajaran sejarah di MTs Nuril Huda Sumowono selama ini belum melibatkan potensi dan peran serta siswa secara optimal. Hal tersebut salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa karena cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran, banyak dari mereka yang memilih duduk diam, mencatat, dan mendengarkan pada saat pembelajaran berlangsung sehingga proses pembelajaran terkesan membosankan dan menjadi tidak bermakna. Siswa tidak aktif sendiri untuk memperoleh pengetahuannya. Kondisi tersebut perlu segera dicarikan solusi penyelesaiannya. Menanggapi permasalahan tersebut, maka dilaksanakan model pembelajaran Think Talk Write menggunakan media VCD pembelajaran. Model pembelajaran dan media tersebut diharapkan dapat menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar IPS sejarah siswa kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono tahun ajaran 2009/2010 dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write berbantu media VCD pembelajaran? Penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara menyimak materi melalui pemutaran VCD pembelajaran kemudian dilakukan diskusi kelompok guna membahas dan memperdalam materi yang diputar melalui VCD pembelajaran, kemudian salah satu wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok yang lain dapat menanggapinya. Kemudian hasil diskusi tersebut mereka tulis. Setelah diskusi kelompok selesai guru memberikan tes kepada siswa secara individu. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono yang berjumlah 35 siswa tahun pelajaran 2009/2010. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I dan II diperoleh rata-rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I yaitu sebesar 64 %, Siklus II yaitu sebesar 80 % Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I dan II diperoleh dari hasil evaluasi yang dilaksanakan pada akhir pertemuan. Nilai rata- rata kelas pada siklus I adalah 64,25 dengan ketuntasan klasikal 56%. Nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 76,92 dengan ketuntasan klasikal 83%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Talk Write dengan media VCD pembelajaran, prestasi belajar ix dan aktivitas belajar siswa kelas VII A MTs Nuril Huda Sumowono dapat ditingkatkan. Saran, Model Pembelajaran Think Talk Write yang diterapkan guru dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa, maka pada proses pembelajaran sehari-hari bisa menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Think Talk Write, VCD Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:19
Last Modified: 29 Nov 2011 05:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9855

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item