Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media VCD untuk Mengetahui Adanya Miskonsepsi Fisika Siswa Kelas X SMA pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor


Ikmalul Hakim, 4201406500 (2011) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media VCD untuk Mengetahui Adanya Miskonsepsi Fisika Siswa Kelas X SMA pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media VCD untuk Mengetahui Adanya Miskonsepsi Fisika Siswa Kelas X SMA pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor] Microsoft Word (Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media VCD untuk Mengetahui Adanya Miskonsepsi Fisika Siswa Kelas X SMA pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Ikmalul Hakim. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Media VCD untuk Mengetahui Adanya Miskonsepsi Fisika Siswa Kelas X SMA pada Pokok Bahasan Perpindahan Kalor. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Drs. Mosik, M.S, pembimbing II: Drs. Sri Hendratto, M.Pd Kata kunci: Miskonsepsi, STAD dengan media VCD Permasalahan pendidikan yang mendasar berkaitan dengan miskonsepsi. Akan tetapi, sebagian orang berpendapat bahwa kesalahan pemahaman atau miskonsepsi siswa terhadap suatu konsep fisika adalah sesuatu yang wajar dan dapat dianggap sebagai kurang berhasilnya proses belajar mengajar, sehingga tidak perlu menindaklanjuti hal tersebut. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi sekarang ini, pendekatan yang sesuai untuk dikembangkan adalah dengan menyajikan fisika dalam berbagai media. Media VCD mungkin cocok diterapkan pada pembelajaran sains karena banyak konsep yang abstrak dalam pembelajaran sains. Berdasarkan permasalahan di atas perlu dikembangkan suatu tindakan yang dapat mengatasi kesulitan belajar fisika siswa berupa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengemukakan gagasan-gagasan terhadap pemecahan suatu masalah dalam kelompoknya masing-masing. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Magelang tahun pelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yaitu dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata dalam populasi itu. Secara acak memilih satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X-F yang terdiri dari 33 peserta didik dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-B yang terdiri dari 33 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase miskonsepsi siswa kelas kontrol sebesar 31% lebih kecil daripada prosentase miskonsepsi siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 38%. Hal ini juga menunjukan bahwa rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda. Dimana rata-rata kelompok kontrol adalah 60,03 lebih baik daripada kelompok eksperimen adalah 56,21. Penggunaan media VCD dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menimbulkan miskonsepsi yang lebih besar daripada pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode demonstrasi. Disarankan dalam menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media VCD sebaiknya guru mengkaji terlebih dahulu kekurangan yang terdapat didalam VCD dan mengkoreksinya sehingga tidak menimbulkan salah pemahaman yang meluas terhadap siswa. Serta agar dapat lebih mengetahui pemahaman konsep siswa selain hanya menggunakan tes diagnostik tertulis juga perlu diadakan tes diagnostik dengan teknik wawancara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, STAD dengan media VCD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 03:35
Last Modified: 29 Nov 2011 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9839

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item