PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, KECERDASAN, DAN KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010


Dewi Puspitasari , 7101406638 (2011) PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, KECERDASAN, DAN KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, unnes.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, KECERDASAN, DAN KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN KELUARGA, KECERDASAN, DAN KARAKTERISTIK SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (108kB) | Preview
[thumbnail of Pengaruh Kepribadian Tokoh Utama Terhadap Konflik Psikologis dalam Roman Madame Bovary Karya Gustave ] PDF (Pengaruh Kepribadian Tokoh Utama Terhadap Konflik Psikologis dalam Roman Madame Bovary Karya Gustave )
Download (370kB)

Abstract

Dewi Puspitasari. 2010. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Kecerdasan, dan Karakteristik Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2009/2010. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. 75 halaman. Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan Keluarga, Kecerdasan, Karakteristik Siswa, Prestasi Belajar Siswa. Dalam proses pembelajaran, berhasil atau tidaknya siswa memperoleh prestasi belajar maksimal di pengaruhi oleh beberapa faktor intern yang berasal dari diri siswa itu sendiri, yaitu faktor motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan, dan karakteristik siswa. Apabila faktor-faktor tersebut dapat terpengaruhi dan berjalan dengan baik, maka siswa akan mencapai hasil belajar berupa prestasi yang memuaskan, dan apabila faktor-faktor tersebut tidak dapat terpenuhi, maka akan menimbulkan hambatan dan gangguan yang menyebabkan siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya, sehingga akan mengalami kesulitan belajar, yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, bagaimana pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang, bagaimana pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang, bagaimana pengaruh kecerdasan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang, bagaimana pengaruh karakteristik siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang, dan dari variabel motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan, dan karakteristik siswa, variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X jurusan administrasi perkantoran SMK Teuku Umar Semarang tahun ajaran 2009/2010 yang berjumlah 71 orang. Karena sedikitnya jumlah populasi maka menggunakan metode total sampling yakni seluruh populasi menjadi anggota yang akan di analisis sebagai sampel.dengan asumsi bahwa kemampuan belajar siswa laki-laki dan perempuan adalah sama. Sehingga dalam mengambilan jumlah sampel tidak membedakan jenis kelamin responden. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa secara parsial t hitung untuk variabel motivasi sebesar 0.416, lingkungan keluarga sebesar 0.253, kecerdasan sebesar 0.385, dan variabel karakteristik siswa sebesar 0.304 dimana t tabel 0.244. Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa t hitung > t tabel ini berarti secara parsial variabel, motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan, dan karakteristik siswa berpengaruh terhadap prestasi relajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang. Sumbangan efektif yang diberikan untuk variabel motivasi sebesar 17.30 %, lingkungan keluarga sebesar 6.40 %, kecerdasan sebesar 14.82 %, dan variabel karakteristik siswa sebesar 9.24%, dan variabel motivasi adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat diartikan bahwa motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan dan karakteristik siswa berpengaruh tinggi terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang. Berdasarkan hasil perhitungan dapat di simpulkan bahwa secara parsial motivasi, lingkungan keluarga, kecerdasan dan karakteristik siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Teuku Umar Semarang. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah hendaknya siswa lebih menumbuhkan motivasi belajar dan lebih ulet dalam menghadapi kesulitan belajar sehingga dapat meninggkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Lingkungan Keluarga, Kecerdasan, Karakteristik Siswa, Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 05:20
Last Modified: 29 Nov 2011 05:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9836

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item