(ABSTRAK) PENGARUH PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DAN LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA (KUD) MEKAR UNGARAN

Astri Wulan Wijayanti, 3301405018 (2010) (ABSTRAK) PENGARUH PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DAN LOYALITAS ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA (KUD) MEKAR UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penilitian ini adalah loyalitas angggota KUD Mekar Ungaran yang masih rendah. Hal tersebut ditunjukkan dengan pendapatan usaha pada tahun 2007 yang mengalami penurunan jumlah pendapatan di bandingkan pada tahun 2006. Walaupun pada tahun 2008, mengalami perkembangan pendapatan di banding tahun 2007. Namun demikian unit usaha saprodi yang awalnya pada tahun 2006 ada, pada tahun 2007 dan 2008 sudah tidak lagi menjadi satu unit usaha tersendiri, namun digabung dengan unit usaha waserda 3 karena rendahnya jumlah pendapatan di unit tersebut. Rendahnya loyalitas angggota juga ditunjukkan oleh jumlah anggota yang aktif dalam koperasi sangat sedikit. Anggota keseluruhan di KUD Mekar Berjumlah 6.287 anggota, dan yang aktif di KUD hanya berjumlah 712 anggota atau hanya 12% dari jumlah keseluruhan dan sisanya merupakan anggota yang tidak aktif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota yang aktif di KUD Mekar Ungaran yaitu berjumlah 712 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan area proportional random sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 88 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Pelayanan (X1), Kepercayaan Anggota (X2), Kepuasan Anggota (Y1) dan Loyalitas Anggota (Y2). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dan kepercayaan anggota secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan anggota. Pelayanan, kepercayaan anggota dan kepuasan anggota juga secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas anggota. Pelayanan berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas anggota sebesar 21,7%. Kepercayaan anggota berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas sebesar 4,9% dan kepuasan anggota secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas anggota sebesar 5,70%. Pelayanan berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan anggota atau pengaruh total pelayanan sebesar 30%, sedangkan kepercayaan anggota juga berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas anggota atau pengaruh total kepercayaan anggota sebesar 17,30%. Harga koefisien determinasi (R2) pengaruh pelayanan, kepercayaan anggota, terhadap kepuasan anggota diperoleh sebesar 0,676, yang artinya bahwa pelayanan dan kepercayaan anggota berpengaruh terhadap kepuasan anggota sebesar 0,676 dan sisanya 0,324 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan koefisien determinasi (R2) pengaruh pelayanan, kepercayaan anggota, kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota diperoleh sebesar 0,734, yang artinya bahwa pelayanan, kepercayaan anggota, dan kepuasan anggota berpengaruh terhadap loyalitas anggota sebesar 0,734 dan sisanya sebesar 0,266 dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan hasil penelitian adalah Petugas KUD Mekar Ungaran harus lebih meningkatkan kecepatan dalam melayani anggota di unit usaha simpan pinjam. KUD Mekar Ungaran hendaknya menjaga kondisi gedung sebagai tempat usaha, dengan cara memelihara dan untuk lebih memperhatikan masalah sarana penunjang demi meningkatkan kenyamanan di KUD Mekar Ungaran. KUD Mekar Ungaran dapat mendorong agar anggota aktif membayar simpanan dengan cara memberikan pengertian kepada anggota pada saat RAT bahwa pembayaran simpanan dari anggota akan sangat membantu mempengaruhi keberhasilan koperasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Kepercayaan Anggota, Kepuasan Anggota, Loyalitas Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 28 Nov 2011 05:32
Last Modified: 28 Nov 2011 05:32

Actions (login required)

View Item