(ABSTRAK) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH SUB POKOK BAHASAN REVOLUSI INDUSTRI BERBASIS COMPONENT DISPLAY THEORY (CDT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMBER REMBANG


Hesti Galang P., 3101404032 (2010) (ABSTRAK) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH SUB POKOK BAHASAN REVOLUSI INDUSTRI BERBASIS COMPONENT DISPLAY THEORY (CDT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMBER REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH SUB POKOK BAHASAN REVOLUSI INDUSTRI BERBASIS COMPONENT DISPLAY THEORY (CDT) PADA SISWA KELAS XI  SMA NEGERI 1 SUMBER REMBANG] Microsoft Word ((ABSTRAK) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH SUB POKOK BAHASAN REVOLUSI INDUSTRI BERBASIS COMPONENT DISPLAY THEORY (CDT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMBER REMBANG) - Published Version
Download (87kB)

Abstract

Component Display Theory merupakan salah satu model pembelajaran kognitif dengan pendekatan struktur. CDT dinyatakan memiliki tingkat kecermatan yang tinggi dalam mencapai sasaran belajar. Melalui pembelajaran menggunakan CDT ini guru akan dipandu dalam memilih dan menggunakan metode yang tepat. Berdasarkan keterangan di atas peneliti tertarik untuk mengkaji menggunakan CDT dalam pembelajaran sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah hasil belajar pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran CDT, (2) bagaimanakah hasil belajar pembelajaran sejarah dengan tidak menggunakan CDT, (3) apakah pembelajaran sejarah dengan menggunakan model CDT lebih efektif dibanding dengan pembelajaran yang tidak menggunakan CDT. Tujuan penelitian adaah (1) untuk mengetahui hasil belajar pembelajaran sejarah dengan menggunakan CDT, (2) untuk mengetahui hasil belajar pembelajaran sejarah dengan tidak menggunakan CDT, (3) untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sejarah yang menggunakan CDT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model penelitian pre test dan post test dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sumber Rembang tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 43 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CDT menunjukkan rata-rata hasil belajar 73,74, (2) hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran CDT mempunyai rata-rata hasil belajar sebesar 67,00, (3) berdasarkan hasil uji t diperoleh 0,927 < ttabel = 1,99 untuk kelompok eksperimen, dan 4,292 > ttabel = 1,99 untuk kelompok kontrol, yang artinya Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pembelajaran sejarah model CDT lebih efektif dibandingkan kelas konvensional. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar penerapan model pembelajaran CDT disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran sekolah di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu dalam penerapan model ini seorang guru perlu senantiasa mengawasi kelas untuk memotivasi keaktifan siswa dan memberi bimbingan secara individu maupun kelompok. Penelitian lebih lanjut juga perlu dilakukan sebagai pengembangan diri sehingga dapat mengembangkan pengembangan dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, CDT
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 28 Nov 2011 10:25
Last Modified: 28 Nov 2011 10:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9820

Actions (login required)

View Item View Item