(ABSTRAK) OPTIMALISASI PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUBUH TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GODONG


Asti Sugiarti , 4401403003 (2010) (ABSTRAK) OPTIMALISASI PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUBUH TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GODONG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) OPTIMALISASI PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK  MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP  STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUBUH TUMBUHAN   DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GODONG] Microsoft Word ((ABSTRAK) OPTIMALISASI PEMANFAATAN LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUBUH TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 GODONG) - Published Version
Download (82kB)

Abstract

Kualitas pembelajaran biologi di kelas VIII B SMP Negeri 2 Godong Tahun Ajaran 2008/2009 masih kurang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari masih rendahnya nilai hasil belajar siswa. Selain itu guru selama ini masih menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru dan kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran konsep struktur dan fungsi jaringan tubuh tumbuhan melalui optimalisasi pemanfaatan laboratorium yang dilihat dari peningkatan ketuntasan dan minat belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pada setiap pelaksanaan tindakan dilakukan pembelajaran dengan praktikum. Data diambil dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa, lembar observasi kinerja guru, tes tertulis, angket tanggapan siswa dan angket tanggapan guru. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah sekurang-kurangnya 85% siswa mendapat nilai ulangan harian 70 dan sekurang-kurangnya 60% siswa memberikan respon senang pembelajaran biologi dengan menggunakan laboratorium. Hasil dari penelitian pada siklus I ketuntasan belajar siswa baru mencapai 40,43%. Guru belum bisa mengelola kelas dengan baik sehingga pada saat praktikum siklus I pembelajaran belum optimal dan siswa juga belum terbiasa belajar kelompok dalam laboratorium. Pada siklus II ketuntasan belajar siswameningkat menjadi 61,70% dan pada siklus III menjadi 85,11%. Peningkatan persentase ketuntasan belajar ini juga menyebabkan meningkatnya motivasi siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan laboratorium dapat meningkatkan hasil belajar siswa konsep struktur dan fungsi tubuh tumbuhan pada kelas VIII B SMP Negeri 2 Godong Kabupaten Grobogan. Hendaknya agar dilakukan penelitian lebih lanjut tentang optimalisasi pemanfaatan laboratorium pada materi yang lain dan sebelum diterapkan dalam pembelajaran hendaknya dilakukan sosialisasi dahulu langkah pembelajarannya pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Laboratorium, Hasil belajar, Konsep struktur dan fungsi jaringan tubuh tumbuhan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 28 Nov 2011 09:29
Last Modified: 28 Nov 2011 09:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9809

Actions (login required)

View Item View Item