(ABSTRAK) PENGGUNAAN MEDIA LAGU ANAK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN AKTIFITAS PADA ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 17 BANJARNEGARA


Salasa Lidy Utami, 2501404071 (2010) (ABSTRAK) PENGGUNAAN MEDIA LAGU ANAK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN AKTIFITAS PADA ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 17 BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGGUNAAN MEDIA LAGU ANAK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN AKTIFITAS PADA ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 17 BANJARNEGARA] Microsoft Word ((ABSTRAK) PENGGUNAAN MEDIA LAGU ANAK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN AKTIFITAS PADA ANAK DI TK KEMALA BHAYANGKARI 17 BANJARNEGARA) - Published Version
Download (84kB)

Abstract

Bagi anak, bernyanyi dan menikmati lagu merupakan kesenangan tersendiri. Dunia anak yang identik dengan bermain dan bergembira kadang menuntut pemikiran bagaimana membuat anak senang, salah satunya melalui Lagu. Melalui lagu, anak dapat memiliki perbendaharaan kata. Selain itu lagu memberikan cara yang menyenangkan dalam mengenal kosakata sehingga mudah melekat dalam ingatan dan sulit untuk dilupakan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan meningkatkan aktifitas pada anak di TK Kemala Bhayangkari 17 Banjarnegara dengan cara penggunaan media lagu anak diharapkan tujuan penelitian ini dapat dicapai. Pendekatan penelitian yang dipakai dalam skripsi ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan di TK Kemala Bhayangkari 17 Banjarnegara pada bulan Agustus 2009. Subjek penelitian siswa kelas A3 yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data digunakan untuk menentukan peningkatan penguasaan kosakata digunakan tes yang diujikan setelah tindakan dibandingkan pemberian materi sebelum menggunakan metode lagu digunakan skala likert dengan empat pilihan yaitu baik, cukup dan kurang terhadap 12 aspek guru, 20 aspek peningkatan kosakata dan 20 aspek peningkatan aktifitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penggunaan metode lagu (bernyanyi) dapat : meningkatkan penguasaan kosakata dan aktifitas siswa kelas A3 TK Kemala Bhayangkari 17 Banjarnegara tahun ajaran 2009/2010. Terbukti dari 20 siswa yang aktifitasnya kurang baik pada kegiatan pra siklus dengan rerata skor 1,98 mengalami peningkatan pada akhir siklus II menjadi 3,27 dan meningkatkan kemampuan kosakata siswa kelas A3 TK Kemala Bhayangkari 17 Banjarnegara tahun ajaran 2009/2010. Terbukti adanya peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa dari 40% pada kegiatan pra siklus menjadi 75% pada standar presentase 75% yaitu kualifikasi baik pada kegiatan akhir siklus II. Saran-saran yang dapat diberikan melalui penelitian ini adalah 1) media lagu model dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada anak usia dini; 2) media lagu model dapat digunakan untuk meningkatkan aktifitas pada anak usia dini; 3) kepada para guru-guru khususnya guru kesenian dapat menggunakan media lagu dalam proses penyampaian pembelajaran berbahasa khususnya pada anak usia dini; 4) bernyanyi dapat digunakan guru untuk melatih anak usia dini agar dapat mengekspresikan diri sehingga aktifitas anak berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lagu
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Rizki Setiadi
Date Deposited: 28 Nov 2011 09:25
Last Modified: 28 Nov 2011 09:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9808

Actions (login required)

View Item View Item