Analisis Sistem Pendinginan pada Isuzu Panther
Ade Irfan S, 5250304555 (2007) Analisis Sistem Pendinginan pada Isuzu Panther. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Sistem Pendinginan pada Isuzu Panther)
- Published Version
Download (756kB) | Preview |
Abstract
Pendinginan pada motor sangat dibutuhkan, karena tanpa pendinginan mesin dan komponen-komponennya akan mengalami Over heating, sehingga menimbulkan panas dan mengakibatkan kerusakan berupa keausan yang akhirnya umur mesin dan komponen-komponennya tidak tahan lama. Permasalahan yang menjadi fokus pembahasan pada sistem pendingianan Isuzu Panther adalah tentang fungsi pendinginan, komponen-komponen pada sistem pendinginan Isuzu Panther serta analisis gangguan yang terjadi dan cara mengatasi gangguan tersebut. Tujuan dari pembahasan sistem pendinginan ini adalah dapat membantu meningkatkan pemahaman pengguna kendaraan pada umumnya tentang sistem pendinginan yang digunakan pada mesin Isuzu Panther, dapat memperbaiki jika terjadi kerusakan pada sistem pendinginan, dan dapat membantu dalam hal menganalisa gangguan dan cara mengatasinya. Komponen-komponen sistem pendinginan Isuzu Panther terdiri dari radiator, thermostat, pompa air, water jacket, tutup radiator, kipas, selang dan klem, dan alat pengukur suhu air pendingin. Cara kerja sistem Pendingin Isuzu Panther adalah sistem pendinginan tekan yang memanfaatkan pompa air untuk mensirkulasikan air pendingin. Gangguan-gangguan yang sering terjadi pada sistem pendinginan adalah kebocoran, gangguan dari kotoran, gangguan kotoran yang mengendap sehingga aliran air tidak maksimal. Analisis gangguan diperlukan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada sistem pendinginan Isuzu Panther sehingga mampu mengatasi gangguan-gangguan tersebut. Usaha yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerugian akibat kerusakan komponen mesin adalah dengan merawat dan memeriksa kondisi mesin secara berkala. Untuk itu perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan pada sistem pendinginan yang antara lain usahakan untuk selalu mengontrol volume air pendingin dalam radiator, supaya jumlah air pendingin tidak berkurang atau di bawah batas minimal, dan menggunakan anti karat agar sistem pendingin tidak cepat rusak dan aus yang dapat mengganggu kerja dari komponen-komponen sistem pendinginan dan mempercepat keausan pada bagian-bagian mesin yang bergesekan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Apr 2011 08:36 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/979 |
Actions (login required)
View Item |