PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP 3 SALATIGA


Stevia Ertani , 4401406063 (2011) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP 3 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP 3 SALATIGA] Microsoft Word (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN DI SMP 3 SALATIGA) - Published Version
Download (49kB)

Abstract

Ertani, Stevia. 2010. Penerapan Model Problem Based Instruction pada Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP 3 Salatiga. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Drs. Nugroho Edi K, M. Si, Drs. Bambang Priyono, M. Si. Pembelajaran biologi diarahkan untuk mencari pengetahuan dengan mengalami sendiri dan berbuat sehingga membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih tentang alam sekitar. Materi pengelolaan lingkungan sangat erat kaitannya dengan permasalahan lingkungan sekitar namun kenyataannya guru jarang mengkaitkan materi tersebut dengan kehidupan sehari-hari yang berada di sekitar siswa dan kurang memberikan variasi dalam kegiatan belajar mengajar akibatnya siswa menjadi kurang aktif dan kurang mengalami pengalaman belajar sendiri. Pembelajaran model PBI menuntut siswa memecahkan masalah untuk memperoleh materi pelajaran sendiri. Penerapan pembelajaran model PBI pada materi pengelolaan lingkungan dipilih sebagai alternatif desain pembelajaran yang diharapkan dapat mengoptimalkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi pengelolaan lingkungan dengan menerapkan model PBI. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 3 Salatiga semester genap tahun ajaran 2009/2010. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII sebanyak 8 kelas. Sampel penelitian diambil secara subjektif, yaitu dipilih kelas yang diampu oleh guru yang sama (4 kelas). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran model PBI materi pengelolaan lingkungan sedangkan variabel terikatnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan desain one-shot case study. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak ≥ 75% siswa pada kelas VIIA, VIIB, VIIE dan VIIF, aktivitas belajarnya telah mencapai kriteria baik dan sangat baik, ketuntasan klasikal siswa pada kelas VIIA, VIIB, dan VIIE sebesar 100%, sedangkan pada kelas VIIF sebesar 93.80%. Kinerja guru dalam pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik. Siswa dan guru memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PBI dalam pembelajaran materi pengelolaan lingkungan dapat mengoptimalkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Pengembangan desain pembelajaran menggunakan model PBI pada materi lain perlu kiranya dipertimbangkan sebagai salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : model Problem Based Instruction (PBI), pengelolaan lingkungan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model Problem Based Instruction (PBI), pengelolaan lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2011 00:32
Last Modified: 29 Nov 2011 00:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9788

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item