( ABSTRAK ) EFEKTIVITAS PERMAINAN KIMIA BERORIENTASI CET PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA MATERI POKOK REDOKS


Yuni Eka Utami, 4301406046 (2010) ( ABSTRAK ) EFEKTIVITAS PERMAINAN KIMIA BERORIENTASI CET PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA MATERI POKOK REDOKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ( ABSTRAK ) EFEKTIVITAS PERMAINAN KIMIA BERORIENTASI CET PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA  MATERI POKOK REDOKS ]
Preview
PDF (( ABSTRAK ) EFEKTIVITAS PERMAINAN KIMIA BERORIENTASI CET PADA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN PERBEDAAN KREATIVITAS SISWA MATERI POKOK REDOKS ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran kimia merupakan salah satu bagian dari ilmu pengetahuan alam yang dibangun melalui pengamatan dan percobaan. Oleh karena itu, dalam belajar-mengajar hendaknya diusahakan agar siswa mendapat konsep dasar kimia melalui demonstrasi, sehingga siswa menjadi subjek yang aktif terlibat dalam kegiatan belajar-mengajar. Percobaan permainan kimia berorientasi CET merupakan kegiatan percobaan di dalam kelas dengan menggunakan percobaan yang menarik, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa materi pokok redoks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan permainan kimia beorientasi CET dan mengetahui perbedaan kreativitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran permainan kimia berorientasi CET dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvesional, mengetahui efektivitas hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan permainan kimia beorientasi CET. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester II SMA Muhammadiyah Gubug tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini yaitu kelas X-3 (kelas eksperimen) dengan pemainan kimia berorientasi CET dan kelas X-2 (kelas kontrol) dengan pembelajaran konvensional. Varibel bebas penelitian ini adalah permainan kimia berorientasi CET, sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas dan hasil belajar kimia siswa. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test sebelum mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan permainan kimia berorientasi CET lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan ada perbedaan kreativitas dan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan permainan kimia berorientasi CET dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Permainan Kimia berorientasi CET, kreativitas
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Repository Universitas Negeri Semarang
Date Deposited: 28 Nov 2011 07:56
Last Modified: 28 Nov 2011 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item