Pengembangan CD Pembelajaran Fisika Bilingual Pokok Bahasan Optika Geometri sebagai Suplemen untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA.


Imam Taufik , 4201406024 (2010) Pengembangan CD Pembelajaran Fisika Bilingual Pokok Bahasan Optika Geometri sebagai Suplemen untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan CD Pembelajaran Fisika Bilingual Pokok Bahasan Optika Geometri sebagai Suplemen untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA.]
Preview
PDF (Pengembangan CD Pembelajaran Fisika Bilingual Pokok Bahasan Optika Geometri sebagai Suplemen untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA.) - Published Version
Download (629kB) | Preview

Abstract

Banyak faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan memberikan alternatif baru dalam menyediakan media yang dapat mengatasi keterbatasan dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis komputer akan membantu siswa dalam memahami materi fisika yang bersifat abstrak dan kompleks. Media pembelajaran juga diharapkan dapat memenuhi tuntutan perkembangan sekolah bertaraf internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan CD pembelajaran fisika bilingual pokok bahasan optika geometri untuk siswa SMA dan mengetahui minat belajar siswa. Pengembangan CD pembelajaran dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pengembangan, uji ahli dan uji coba. CD pembelajaran dibuat dengan memanfaatkan software Adobe Flash CS4 dan software-software pendukung lainnya. CD pembelajaran yang telah selesai, dikemas menggunakan media penyimpanan Compact Dist (CD) yang berisi file-file media pembelajaran dan disertakan pula petunjuk penggunaannya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IA di SMA Negeri 1 Pemalang. Sampel penelitian diambil melalui cluster sample dan dipilih kelas XI-IA 5 sebagai sampel penelitian. Penelitian dilakukan melalui tiga tahap yaitupre-test, perlakuan dan post-test. Data minat belajar diambil melalui angket berbentuk skala Likert yang diberikan pada saat pre-test dan post-test. Peningkatan minat belajar diketahui dari selisih antara minat belajar akhir (posttest) dan minat belajar awal (pre-test). Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif presentatif. Besarnya peningkatan minat belajar ditentukan melalui uji gain ternormalisasi dan dideskripsikan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan minat belajar siswa sebesar 14,7. Minat belajar tahap awal masuk dalam kategori rendah dan minat belajar tahap akhir masuk dalam kategori tinggi. Besarnya peningkatan minat belajar siswa dari uji gain diperoleh sebesar 0,4 dan masuk dalam kategori sedang atau cukup signifikan. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika setelah menggunakan CD pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD pembelajaran, bilingual, optika geometri, minat belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2011 07:38
Last Modified: 25 Apr 2015 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9763

Actions (login required)

View Item View Item