Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah dengan Menerapkan Model Pembelajaran The Power of Two pada Siswa SMP Negeri 4 Bae Kabupaten Kudus Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011


Hartoko Sri Utomo , 3101406579 (2011) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah dengan Menerapkan Model Pembelajaran The Power of Two pada Siswa SMP Negeri 4 Bae Kabupaten Kudus Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah dengan Menerapkan Model Pembelajaran The Power of Two pada Siswa SMP Negeri 4 Bae Kabupaten Kudus Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah dengan Menerapkan Model Pembelajaran The Power of Two pada Siswa SMP Negeri 4 Bae Kabupaten Kudus Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran membuat prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Bae menjadi rendah, yakni berada di bawah KKM yang ditentukan yaitu 66. Permasalahan yang dikaji adalah apakah dengan menerapkan Model Pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah pada kelas VIII B SMP Negeri 4 Bae. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Bae pada mata pelajaran sejarah melalui pembelajaran The Power of Two. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri 4 Bae. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran The Power of Two dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII B di SMP N 4 Bae. Melalui analisis data diperoleh bahwa prestasi belajar siswa kelas VIII B secara klasikal meningkat dari pra siklus ke siklus I, yaitu dari 52,38% menjadi 64,28%. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat dari 68,90 menjadi 72,64. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran The Power of Two pada siswa kelas VIII B di SMP N 4 Bae sudah dapat diterima oleh siswa dengan baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka beberapa saran yang peneliti berikan adalah dengan menerapkan model pembelajaran The Power of Two dari salah satu pembelajaran kooperatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa adalah model pembelajaran The Power of Two.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran The Power of Two, Pembelajaran Sejarah,
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2011 07:34
Last Modified: 25 Apr 2015 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9761

Actions (login required)

View Item View Item