Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Kebangkitan Nasional Melalui Pemutaran Film Dokumenter Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011


Yan Kurniawan , 3101404502 (2011) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Kebangkitan Nasional Melalui Pemutaran Film Dokumenter Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Kebangkitan Nasional Melalui Pemutaran Film Dokumenter Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Kebangkitan Nasional Melalui Pemutaran Film Dokumenter Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011) - Published Version
Download (302kB) | Preview

Abstract

iv SARI Yan Kurniawan. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Kebangkitan Nasional Melalui Pemutaran Film Dokumenter Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Film Dokumenter. Pembelajaran sejarah di MTs Miftahussa'adah Semarang selama ini belum melibatkan potensi dan peran serta siswa secara optimal. Hal tersebut salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa karena siswa cenderung pasif dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Siswa tidak aktif sendiri untuk memperoleh pengetahuannya. Kondisi tersebut perlu segera dicarikan solusi penyelesaiannya. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Bagaimana prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang melalui pemutaran film dokumenter tahun pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan?, (2) Bagaimana aktivitas belajar sejarah siswa kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang melalui pemutaran film dokumenter tahun pelajaran 2010/2011 dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang tahun pelajaran 2010/2011 melalui pemutaran film dokumenter dapat meningkat; (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian tindakan kelas ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara peneliti memberikan tugas berupa lembar kerja siswa untuk dipelajari secara kelompok, kemudian salah satu wakil dari kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan kelompok yang lain dapat menanggapinya. Setelah diskusi kelompok selesai guru memberikan tes kepada siswa secara individu. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Miftahussa'adah Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada siklus I dan II diperoleh rata‐rata aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I yaitu sebesar 81%, Siklus II yaitu sebesar 100%. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I dan II diperoleh dari kuis yang dilaksanakan pada akhir pertemuan. Nilai rata‐rata kelas pada siklus I adalah 67,97 dengan ketuntasan klasikal 86%. Nilai rata‐rata kelas pada siklus II adalah 69,6 dengan ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS Sejarah Kebangkitan Nasional melalui pemutaran film dokumenter, prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII Mts Miftahussa'adah Semarang dapat ditingkatkan. Saran, Model Pembelajaran IPS Sejarah melalui pemutaran film dokumeter yang diterapkan guru dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa, maka pada proses pembelajaran sehari‐hari bisa menggunakan Model Pembelajaran IPS Sejarah melalui pemutaran film dokumenter sesuai dengan pokok bahasan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Film Dokumenter.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Nov 2011 07:31
Last Modified: 25 Apr 2015 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9760

Actions (login required)

View Item View Item