(ABSTRAK) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) BERBANTUAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SISWA SMP


Irawati Tambunan , 4401405577 (2011) (ABSTRAK) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) BERBANTUAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) BERBANTUAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH  SISWA SMP]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) BERBANTUAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SISWA SMP) - Published Version
Download (161kB) | Preview

Abstract

Composition) dan Scramble biasa digunakan pada pelajaran bahasa, namun saat ini sudah dikembangkan dan dapat digunakan pada mata pelajaran yang lain termasuk biologi. Sekalipun demikian informasi tentang pengaruh penerapan CIRC terhadap hasil belajar biologi masih kurang dan merupakan informasi penting untuk dikaji, karena sesungguhnya mempunyai karakteristik yang berbeda dengan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC berbantuan scramble terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi sistem peredaran darah di SMP N 3 Bae Kudus. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitiannya yaitu Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 3 Bae Kudus tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 233 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 78 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu 39 siswa kelas VIII A dan 39 siswa VIII F yang diambil dengan teknik convenience sampling. Teknik convenience sampling digunakan dalam penelitian ini karena peneliti tidak mempunyai pertimbangan lain kecuali berdasarkan kemudahan saja. Hasil penelitian berupa skor tes kognitif materi sistem peredaran darah yang menunjukkan adanya perbedaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dapat diketahui bahwa skor rata-rata tes evaluasi akhir kelas eksperimen mempunyai skor rata-rata yang lebih tinggi yaitu 63,21 daripada skor rata-rata kelas kontrol yang memiliki skor rata-rata 57,12. Perhitungan uji perbedaan rata-rata (P > 1%)diketahui bahwa Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas pembanding, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok pembanding. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran CIRC berbantuan scramble pada materi sistem peredaran darah berpengaruh terhadap skor tes materi sistem peredaran darah di kelas VIII SMP Negeri 3 Bae, Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2011 07:03
Last Modified: 28 Nov 2011 07:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9757

Actions (login required)

View Item View Item