SURVEI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN 2011


SANNY MIFTAKHURRIZQI , 6101407133 (2011) SURVEI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR  NEGERI SE KECAMATAN KRAMAT  KABUPATEN TEGAL TAHUN 2011]
Preview
PDF (SURVEI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PENJASORKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN 2011) - Published Version
Download (808kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tahun 2011?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tahun 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes SD Negeri Se Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal tahun 2011. Teknik sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, yaitu menjadikan seluruhGuru PenjasorkesSD Negeri Se Kecamatan Kramat Kabupaten Tegalsebanyak 30 orang sebagai sampel. Variabel dalam penelitian ini ada satu yaitu hasil pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Metode pengumpulan yang digunakan adalah teknik survei dengan menggunakan angket atau quesioner, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunkaan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa secara umum pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri Se Kecamatan Kramat Kabupaten Tegaltahun 2011 sangat baik, dimana pada tahap perencanaan pembelajaran dan evaluasi telah dilakukan dengan sangat baik (89,26%), pada tahap pre testdilakukan dengan sangat baik (81,67%), tahap proses pembelajaran dan evaluasi dilakukan dilakukan dengan sangat baik (84,88%), tahap post testdilakukan dengan sangat baik (81,46%) dan tahap penentuan nilai dilakukan dengan sangat baik pula (84,83%). Sedangkan secara spesifik masih ada beberapa sekolah yang belum memenuhi kriteria pelaksanaan proses pembelajaran dan evaluasi penjasorkes yang ideal akibat keterbatasan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan keterbatasan sarana dan prasarana pembelajaran penjasorkes yang dimiliki sekolah. Simpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini, yaituguru PenjasorkesSD Negeri Se Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran dan evaluasi penjasorkes secara baik, akibat keterbatasan sumber daya manusia dan sarana prasarana penunjang. Oleh karena itu penulis mengajukan saran : 1) Pihak sekolah perlu menambah sarana dan prasarana olahraga khususnya pada sekolah-sekolah yang kelengkapan sarana-prasarana olahraga masih kurang, 2) Perlu pengadaan kegiatan workshop tentang pembelajaran dan teknologi penjasorkes yang lebih berkualitas dilingkungan Kecamatan atau Kabupaten sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia sebaga tenaga pendidikan yang profesional, dan 3) Guru penjasorkes hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran sehingga semua materi dalam silabus dapat disampaikan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: survey, pembelajaran, penjasorkes
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2011 04:35
Last Modified: 25 Apr 2015 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item