PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006


Wahyu Ismuwardani , 1102403009 (2006) PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006) - Published Version
Download (546kB) | Preview

Abstract

Saat ini di Indonesia belum ada perguruan tinggi yang menghasilakan tenaga pendidik sebagai guru Teknologi Informasi dan Komunikasi. Akibat dari hal ini maka kemampuan setiap guru relatif tidak sama dan berdampak pada hasil pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi kurang merata dan tidak bisa mencapai hasil semakasimal mungking. Sehingga hal demikian menimbulkan tanda tanya besar apakah guru-guru TIK tersebut benar-benar berkompeten dibidangnya. Untuk itu penulis tertarik ingin mengetahui implikasi Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Oleh Guru-Guru SMA Negeri Se- Kabupaten Kendal Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2006. Dari Hasil Penelitian Yang telah dilakukan ternyata tidak adanya perguruan tinggi yang menghasilkan Tenaga pendidik sebagai pengajar TIK, bukan merupakan hambatan yang besar dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat bahwa secara umum ratarata tingkat tingkat kesiapan guru mencapai 81, 54 % yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukan bahwa sebagian besar guru memiliki Pemahaman dan pengguasaan yang tinggi tentang kompetensi dasar TIK, memiliki kesiapan yang tinggi dalam proses pembelajaran serta menguasai sarana dan prasarana penunjang TIK dengan baik. Tingginya kesiapan ini disebabkan karena sebagian besar guru berasal dari lulusan perguruan ilmu komputer meskipun bukan berasal dari jurusan kependidikan, serta di dukung motifasi yang tinggi untuk terus belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Kurikulum 2006, Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 07:59
Last Modified: 25 Apr 2015 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item