MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEDERHANA DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS III SDN 2 TAMBAKREJO KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL


FERMAN ALIFUDIN , 6102909176 (2011) MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEDERHANA DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS III SDN 2 TAMBAKREJO KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEDERHANA DALAM PENJASORKES PADA  SISWA KELAS III SDN 2 TAMBAKREJO KECAMATAN PATEBON  KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEDERHANA DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS III SDN 2 TAMBAKREJO KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Download (755kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran permaianan sederhana dalam penjasorkes dapat meningkatkan mutu belajar siswa? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran permainan sederhana dalam penjasorkes terhadap peningkatan mutu belajar siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk obserfasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (permainan sederhana), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdaraskan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (8 siswa) revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (37 siswa), (6) revisi produk akhir model pembelajaran permainan sederhana dalam perjasorkes pada siswa kelas III SD Negeri 02 Tambakrejo yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari ahli ( satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (8 siswa kelas III SD Negeri 02 Tambakrejo) dan uji lapangan (37 siswa kelas III SD Negeri 02 Tambakrejo). Data analisis dari evaluasi ahli penjas , dapat rata-rata penilaian 81,33%. Hasil analisis dari data evaluasi ahli penjas I, dapat rata-rata penilaian 84,00%. Hasil analisis dari data evaluasi ahli penjas II, dapat rata-rata penilaian 86,67%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan pengembangan model pembelajaran permainan sederhana dalam baik, mencapai nilai rata-rata 91,89%. Sehingga hasil pengembangan efektif dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas III SD Negeri 02 Tambakrejo bisa memanfaatkan model pengembangan model pembelajaran ini dan dapat menambah modifikasi-modifikasi lain dalam pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, geak sederhana
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 10:16
Last Modified: 25 Apr 2015 07:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9690

Actions (login required)

View Item View Item