(ABSTRAK) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN GERAK TUBUH DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI CANGKRING REMBANG 1 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2011


SUWANDI , 6102909164 (2011) (ABSTRAK) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN GERAK TUBUH DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI CANGKRING REMBANG 1 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN GERAK TUBUH DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI CANGKRING REMBANG 1 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2011]
Preview
PDF ((ABSTRAK) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KESEIMBANGAN GERAK TUBUH DALAM PENJASORKES MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN PERSAWAHAN SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI CANGKRING REMBANG 1 KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2011) - Published Version
Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran keseimbangan gerak tubuh melalui pendekatan lingkungan persawahan bagi siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Model penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model pembelajaran keseimbangan gerak tubuh), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompk kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (42 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran keseimbangan gerak tubuh melalui pendekatan lingkungan persawahan bagi siswa SD Negeri Cangkring Rembang 1 yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompk kecil (10 siswa SD Negeri Cangkring Rembang 1), dan uji lapangan (42 siswa SD Negeri Cangkring Rembang 1). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas -------, ahli pembelajaran I 89,33% (baik), ahli pembelajaran II 90,67% (sangat baik), uji coba kelompok kecil 96,00% (sangat baik), dan uji lapangan 94,30% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran keseimbangan gerak tubuh ini dapat digunakan bagi siswa SD Negeri Cangkring Rembang 1 Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Berdasarkan penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran keseimbangan gerak tubuh melalui pendekatan lingkungan persawahan pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, keseimbangan, gerak tubuh
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:44
Last Modified: 27 Nov 2011 09:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9685

Actions (login required)

View Item View Item