PENGARUH KINERJA GURU SEJARAH BERSERTIFIKAT TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010


Nurul Susiana , 3101406575 (2011) PENGARUH KINERJA GURU SEJARAH BERSERTIFIKAT TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of PENGARUH KINERJA GURU SEJARAH BERSERTIFIKAT TERHADAP PENINGKATAN  KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENGARUH KINERJA GURU SEJARAH BERSERTIFIKAT TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (100kB) | Preview

Abstract

Nurul Susiana. 2010. Pengaruh Kinerja Guru Sejarah Bersertifikat terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi, Jurusan Sejarah, FIS UNNES. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I Prof.Dr.H.A.T Soegito,SH,MM. Dosen Pembimbing II Dra. Putri Agus Wijayati, M.Hum. Kata kunci: Kinerja guru sejarah bersertifikat, Peningkatan kualitas, pembelajaran sejarah Guru bersertifikat mempunyai kelebihan dalam hal peningkatan kesejahteraan berupa tunjangan gaji dua kali lipat dari gaji pokok. Berdasarkan survey PGRI, kinerja guru bersertifikat yang dirasa kurang dan tidak mengalami peningkatan. Dalam kaitannya dengan hal ini, penulis ingin mengetahui kinerja guru bersertifikat khususnya guru sejarah di Kabupaten Rembang. Hal ini di dasarkan atas banyaknya guru sejarah yang telah lolos dalam proses sertifikasi di berbagai tingkat pendidikan. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini (1) bagaimana kinerja guru sejarah bersertifikat pada SMA Negeri di Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2009/2010, (2) bagaimana pengaruh kinerja guru sejarah bersertifikat terhadap peningkatan kualitas pembelajaran sejarah pada SMA Negeri di Kabupaten Rembang tahun pelajaran 2009/2010. Tujuan dari penelitian (1) mengetahui kinerja guru sejarah bersertifikat pada SMA Negeri di Kabupaten Rembang, (2) mengetahui pengaruh kinerja guru sejarah bersertifikat terhadap peningkatan kualitas pembelajaran sejarah pada SMA Negeri di Kabupaten Rembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan mengambil sampel penelitian di SMA Negeri 1 Rembang, SMA Negeri 2 Rembang dan SMA Negeri 3 Rembang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) wawancara, (2) observasi dan (3) studi dokumen. Teknik pemeriksaan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa kinerja guru sejarah bersertifikat adalah baik, dengan kriteria indikator yang telah ditetapkan. Kinerja guru sejarah bersertifikat baik, hal tersebut tampak dalam proses perencanaan pembelajaran maupun pelaksanaan pembelajaran. Rata-rata guru menggunakan metode yang lebih menekankan pada siswa sentris bukan guru sentris. Kinerja guru juga berpengaruh pada peningkatan kualitas pembelajaran sejarah. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari hasil belajar berupa nilai siswa dan kreatifitas siswa. Saran yang dapat diberikan peneliti, pemerintah lebih selektif dalam proses sertifikasi. Bagi guru yang sudah bersertifikat lebih meningkatkan kualitas dan etos kerja serta melaksanakan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja guru sejarah bersertifikat, Peningkatan kualitas, pembelajaran sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 08:52
Last Modified: 27 Nov 2011 08:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9679

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item