Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Memanfaatkan Media E-Mail pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2009/2010.
Erikta Arysona, 2101404041 (2011) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Memanfaatkan Media E-Mail pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Memanfaatkan Media E-Mail pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2009/2010.)
- Submitted Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Setiap orang perlu memiliki keterampilan menulis. Di SMP Negeri 1 Kudus masih banyak siswa yang kurang terampil dalam menulis misalnya menulis surat pribadi. Selama ini di sekolah hanya mengajarakan secara konvensional yaitu dengan menggunakan kertas surat. Keterampilan menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail merupakan media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang lebih menarik. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini yaitu, (1) bagaimana peningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail di kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2009/2010 dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail di kelas VIIF SMP Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2009/2010. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan upaya meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail di kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Kudus dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi setelah memanfaatkan media e-mail. Tujuan pembelajaran menulis surat pribadi yang dimaksud adalah keterampilan menulis surat pribadi dengan menggunakan sistematika dan gaya bahasa yang tepat. Topik-topik yang di ambil dalam menulis surat pribadi dapat berupa topik surat-menyurat dengan keluarga, orang tua, atau teman untuk dijadikan topik dalam menulis surat pribadi. Dalam pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat mencapai indikator pembelajaran menulis surat pribadi dengan menggunakan sistematika diksi dan gaya bahasa yang tepat, adanya penggunaan media sebagai suatu pembelajaran dapat merangsang siswa untuk mengaplikasikan suatu pembelajaran yaitu menulis surat pribadi dengan menggunakan media e-mail. Model ini dapat diaplikasikan kepada siswa untuk membuat surat pribadi dengan memakai salah satu topik menulis surat pribadi. Dengan menggunakan topik dan penggunaan media sebagai aplikasinya siswa akan terlibat langsung dalam proses pembelajaran menulis surat pribadi dengan menggunakan media e-mail. Penggunaan e-mail terkait juga tuntutan pembelajaran sekarang ini, yang diharapkan dapat memanfaatkan ICT (Information Communication Technology) agar pembelajaran mendapatkan hasil yang maksimal. Upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi dengan media e-mail dilakukan dengan melakukan perbaikan proses pembelajaran melalui tindakan yang mengaruh pada anak untuk rangsangan kreatif dalam menulis. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis kelas yang meliputi dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diambil dengan cara nontes dan tes. Alat pengambilan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Data tes yaitu berupa penilaian keterampilan menulis surat pribadi. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran menulis surat pribadi sebelum dilakukan tindakan, nilai rata-rata kelas sebesar 13,59 dan mencapai skor 0,55 atau 13,4% dalam kategori kurang. Pada siklus I nilai rata-rata kelas menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail sebesar 14,14 dengan peningkatan skor 1,54 dan mengalami peningkatan sebesar 14,4% dalam kategori baik, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail sebesar 15,68 dengan peningkatan skor 4,09 dan mengalami peningkatan sebesar 59,8% dalam kategori sangat baik. Adapun perubahan perilaku yang ditunjukkan siswa yaitu perilaku tersebut dapat terlihat siswa semakin aktif berbahasa, antusias belajar semakin meningkat dengan memanfaatkan media internet, serta gemar menulis. Diharapkan tiap sekolah dapat mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran. Keterampilan menulis surat pribadi dengan memanfaatkan media e-mail merupakan media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang lebih menarik. Diharapkan guru bahasa Indonesia dapat menggunakan media internet dalam pembelajaran keterampilan menulis surat pribadi untuk diterapkan dengan memanfaatkan media yang telah diberlakukan di sekolah-sekolah. Dengan demikian guru bahasa Indonesia hendaknya kreatif dalam menentukan teknik pembelajaran menulis sehingga pembelajaran tidak membosankan. Adapun kegunaan bagi para praktisi dibidang pendidikan bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif pembelajaran keterampilan menulis.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis, surat pribadi, media e-mail. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 05 Apr 2011 07:07 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/966 |
Actions (login required)
View Item |