UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN PERANGKAT AUDIO VIDEO MOBIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA SMK WISUDHA KARYA KUDUS


KAMSUN , 5301909001 (2011) UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN PERANGKAT AUDIO VIDEO MOBIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA SMK WISUDHA KARYA KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN PERANGKAT AUDIO VIDEO MOBIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA SMK WISUDHA KARYA KUDUS]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PEMASANGAN PERANGKAT AUDIO VIDEO MOBIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA SMK WISUDHA KARYA KUDUS) - Published Version
Download (111kB) | Preview

Abstract

Kamsun, 2010. Upaya Peningkatan Kompetensi Pemasangan Perangkat Audio Video Mobil dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa SMK Wisudha Karya Kudus. Skripsi - Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik. Univertsitas Negeri Semarang ( UNNES ) Pembimbing I Drs. Slamet Seno Adi, M.Pd, M.T. Pembimbing II Drs. Suryono, M.T. Kata Kunci : Peningkatan, Kompetensi, Metode Demonstrasi, Pemasangan perangkat audio video mobil ini masuk dalam pembelajaran kompetensi menginstalasi dan mengoperasikan peralatan audio video. Kenyataan yang terjadi pada siswa SMK Wisudha Karya Kudus ternyata hasilnya kurang efektif dan tidak memuaskan. Siswa masih merasa kesulitan , hal ini terbukti dari tes awal pemasangan perangkat audio video mobil hanya mencapai 45% dari jumlah 40 siswa itupun masih jauh dari sempurna , antara lain optimalisasi suara , kerapian instalasi serta waktu penyelesaian . Rumusan masalah adalah apakah dengan metode demonstrasi pemasangan perangkat audio video mobil dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi pemasangan perangkat audio video mobil pada siswa SMK Wisudha Karya Kudus. Sedang tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar kompetensi pemasangan perangkat audio video mibil pada SMK Wisudha Karya Kudus dengan metode demonstrasi . Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah teori yang sudah ada dan sebagai bahan informasi praktis tentang hasil pembelajaran kompetensi pemasangan perangkat audio video mobil. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahapan, yaitu tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kompetensi pemasangan perangkat audio video mobil dengan metode demonstrasi. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari tes awal hanya 45 % siswa yang lulus , setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I menjadi 65 % berati ada kenaikan 20 %, pada siklus II naik lagi 27,5 % sehingga totol kenaikan pada siklus I dan II menjadi 47,5 % total mencapai 92,5 % atau 37 siswa yang lulus dari 40 siswa. Metode demonstrasi pemasangan perangkat audio video mobil pada siswa SMK Wisudha Karya Kudus merupakan masukan kepada kepala Sekolah agar selalu mendukung dan menyediakan penambahan sarana dan prasarana guru sebagai upaya peningkatan hasil belajar pada umumnya dan pemasangan perangkat audio video mobil pada khususnya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Kompetensi, Metode Demonstrasi,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 08:54
Last Modified: 27 Nov 2011 08:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9656

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item