NILAI PENDIDIKAN DALAM CERBUNG ANGIN KETIGA KARYA SUMONO SANDY ASMORO DALAM MAJALAH JAYA BAYA EDISI 27-47


Indah Rakhmandona, 2102406625 (2011) NILAI PENDIDIKAN DALAM CERBUNG ANGIN KETIGA KARYA SUMONO SANDY ASMORO DALAM MAJALAH JAYA BAYA EDISI 27-47. Under Graduates thesis, unnes.

[thumbnail of NILAI PENDIDIKAN DALAM CERBUNG ANGIN KETIGA KARYA SUMONO SANDY ASMORO DALAM MAJALAH JAYA BAYA EDISI 27-47]
Preview
PDF (NILAI PENDIDIKAN DALAM CERBUNG ANGIN KETIGA KARYA SUMONO SANDY ASMORO DALAM MAJALAH JAYA BAYA EDISI 27-47) - Published Version
Download (147kB) | Preview

Abstract

Rakhmandona, Indah.2010. Nilai Pendidikan Dalam Cerbung Angin Ketiga Karya Sumono Sandy Asmoro Dalam Majalah Jaya Baya Edisi 27-47 Tahun 2009. Skripsi. Jurusan bahasa Dan sastra jawa. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I: Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. Pembimbing II. Dra. Sri Prastiti, K.A. Kata Kunci: Nilai Pendidikan, cerbung, Sumono Sandy Asmoro. Cerita bersambung (Cerbung) Karya Sumono Sandy Asmoro sudah banyak yang dimuat di berbagai majalah Jaya Baya dan majalah Panjebar Semangat. Di majalah ini, cerbung karyanya mencapai dua puluh (20) edisi. Karena banyaknya cerbung yang terbit dan dengan begitu telah dibaca oleh khalayak luas, cerbung Sumono Sandy Asmoro perlu diteliti, terutama nilai pendidikannya. Peneliti mengambil cerbung ceritanya secara berurutan dengan mempertimbangkan nilai pendidikan yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah. Masalah dalam penelitian ini adalah wujud nilai pendidikan yang terkandung dalam cerbung angin ketiga karya Sumono Sandy Asmoro. Untuk mengetahui wujud nilai pendidikan, peneliti membuat struktur cerita meliputi alur, tokoh dan penokohan, latar, dan tema. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif dengan menggunakan metode struktural. Pendekatan ini mengacu pada pendapat yang menyatakan bahwa sebuah teks merupakan daerah otonom. Metode strukural digunakan sebagai langkah awal dalam menganalisis unsur instrinsik dan hubungan antar unsur itu sehingga dapat diketahui nilai pendidikan dalam cerbung tersebut. Berdasarkan struktur cerita yang dapat diketahui bahwa struktur cerita terdiri dari alur, tokoh dan penokohan, latar, dan tema yang didayakan secara optimal di dalam cerbung karya Sumono Sandy Asmoro. Di antara itu, unsur yang paling kuat adalah alur cerita. Dengan diketahui alur cerita dapat ditemukan unsur yang lain sehingga terungkap nilai pendidikan dalam cerbung tersebut. Nilai pendidikan yang terkandung dalam cerbung angin ketiga adalah nilai pendidikan ketuhanan, nilai pendidikan sosial kemasyarakatan, nilai pendidikan budi pekerti dan kesusilaan, dan nilai pendidikan moral. Saran yang dapat diuraikan pembaca diharapkan dapat menerapkan nilai pendidikan dalam cerbung angin ketiga karya Sumono Sandy Asmoro. Cerbung angin ketiga dapat dipertimbangkan untuk dijadikan alternatif sebagai bahan ajar dalam pembelajaran sastra khususnya sastra Jawa. ix SARI Rakhmandona, Indah.2010. Nilai Pendidikan Dalam Cerbung Angin Ketiga karya Sumono Sandy Asmoro Dalam Majalah Jaya Baya Edisi 27-47 tahun 2009. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa Dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum. pembimbing II: Dra. Sri Prastiti K.A. Tembung Pangrunut: Nilai Pendidikan, cerbung, Sumono Sandy Asmoro. Crita sambung (cerbung) anggitane Sumono Sandy Asmoro wis akeh ing majalah Jaya Baya ananging uga majalah Panjebar Semangat. Ing majalah iku, cerbung anggitane ana rong puluh (20) edisi. Saking akehe cerbung kang dibabarke lan akeh wong kang maca, saingga anggitane Sumono Sandy Asmoro perlu diteliti, mligine babagan kandhutan pendidikanne. Peneliti njupuk cerbung sing critane gegandhengan, yen cerbung kapilih pendidikan kang bisa didadekake piranti kanggo mulang ana ing sekolah. Underaning perkara kang diteliti yaiku wujud nilai pendidikan sing ana ing karya sastra lan wujud nilai pendidikan sing ana ing cerbung angin ketiga anggitane Sumono Sandy Asmoro. Kanggo mangerteni kandhutan pendidikanne, digawe stuktur crita yaiku alur, tokoh lan penokohan, latar, lan tema. Pendekatan sing dienggo ing panaliten iki yaiku pendekatan objektif kathi nganggo metode struktural. Pendekatan iki ngenut marang penemu kang mratelakake manawa teks asipat otonom. Metode strukural digunakake kanggo wiwitan nganalisis unsur-unsur instrinsik lan sabanjure bisa dingerteni kandhutan pendidikan sing ana ing sajerone cerbung kasebut. Adhedhasar struktur crita bisa dimangarteni struktur crita yaiku alur, tokoh lan penokohan, latar, lan tema digoleki kanthi optimal ing rong puluh cerbung angin ketiga anggitane Sumono Sandy Asmoro.Kanthi dimangerteni alure, mula bisa ditemokake kandhutan pendidikan ing cerbung kasebut. Nilai pendidikan ketuhanan, nilai pendidikan sosial kemasyarakatan, nilai pendidikan budi pekerti, lan nilai pendidikan moral. Prayogane sing maca bisa ngetrepke nilai pendidikan ing cerbung angin ketiga ing wektu saben dinane. Cerbung angin ketiga bisa didadekake altenatif bahan ajar ing pelajaran sastra khusus sastra Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, cerbung, Sumono Sandy Asmoro
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 3257 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 08:55
Last Modified: 27 Nov 2011 08:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9650

Actions (login required)

View Item View Item