PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD (VIDEO COMPACT DISC) PADA KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN PADA SISWA KELAS XI MO 1 TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK N 1 BLORA


DODY ALFIANTO , 5201405506 (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD (VIDEO COMPACT DISC) PADA KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN PADA SISWA KELAS XI MO 1 TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK N 1 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD (VIDEO COMPACT DISC) PADA KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN  PADA SISWA KELAS XI MO 1 TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK N 1 BLORA] Microsoft Word (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN VCD (VIDEO COMPACT DISC) PADA KOMPETENSI SISTEM PENGISIAN PADA SISWA KELAS XI MO 1 TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK N 1 BLORA) - Published Version
Download (53kB)

Abstract

Dody Alfianto. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Pembelajaran VCD (Video Compact Disc) Pada Kompetensi Sistem Pengisian Pada Siswa Kelas XI MO 1 Teknik Mekanik Otomotif Di SMK N 1 Blora. Skripsi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik.Universitas Negeri Semarang. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi sistem pengisian siswa kelas XI MO1 SMK N 1 Blora melalui penggunaan media VCD, dan meningkatkan aktifitas siswa dan guru dalam pembelajaran kompetensi sistem pengisian. Penelitian tindakan kelas ini dengan subjek siswa kelas XI MO1 SMK N 1 Blora tahun pelajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Cara pengumpulan data penelitian ini yaitu melalui angket, observasi, dan tes. Dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mengidentifikasi sistem pengisian. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasannya dapat diambil kesimpulan sebagai berikut Pertama, penggunaan media VCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dengan pencapaian rata – rata nilai siklus I sebesar 73,65 dan pada siklus II menjadi 80,74 sehingga terjadi peningkatan sebesar 7,09. Kedua, meningkatkan aktivitas siswa dari 66,24% pada siklus I naik mencapai 76,12% pada siklus II. Ketiga, ada peningkatan aktivitas guru sebesar 20% dari 67,50% pada siklus I menjadi 87,50% pada siklus II. Keempat, tingginya tanggapan siswa terhadap pembelajaran menggunakan media VCD sebesar 76,47% (dengan jumlah 26 siswa). Berdasarkan temuan dan simpulan dapat diajukan saran – saran sebagai berikut Pertama untuk mencapai hasil belajar siswa yang optimal, guru perlu menggunakan media pembelajaran karena selain dapat mengkonkritkan hal – hal yang bersifat abstrak. Kedua, penggunaan media VCD kiranya dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pemilihan media pembelajaran pada kompetensi sistem pengisian, karena telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketiga, kepada peneliti lain diharapkan melakukan penelitian lanjutan mengenai media pembelajaran khususnya media VCD, agar pembangunan nasional dalam bidang pendidikan di indonesia dapat tercapai. Kata kunci : peningkatan, hasil belajar, media pembelajaran VCD, kompetensi sistem pengisian

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, hasil belajar, media pembelajaran VCD, kompetensi sistem pengisian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TG Bridge engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 08:56
Last Modified: 27 Nov 2011 08:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9641

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item