Proses Pengembangan Kecerdasan Body Kinestetik Dalam Pembelajaran Tari di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (Aba) Kecamatan Tersono Kabupaten Batang”.


Heti Widyastuti , 2502406007 (2011) Proses Pengembangan Kecerdasan Body Kinestetik Dalam Pembelajaran Tari di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (Aba) Kecamatan Tersono Kabupaten Batang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Proses Pengembangan Kecerdasan Body Kinestetik Dalam Pembelajaran Tari di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (Aba) Kecamatan Tersono Kabupaten Batang”.]
Preview
PDF (Proses Pengembangan Kecerdasan Body Kinestetik Dalam Pembelajaran Tari di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (Aba) Kecamatan Tersono Kabupaten Batang”.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fungsi tari anak, selain untuk bersenang-senang juga bisa menjadi stimulus kecerdasan pada tubuh anak. Fungsi tari anak selain menyenangkan, tari anak juga bisa mencerdaskan body kinestetik. Kecerdasan Body Kinestetik dalam Pembelajaran Tari di TK ABA menarik untuk diteliti. Adapun permasalahan yang diteliti adalah bagaimana Proses Pengembangan Kecerdasan Body Kinestetik dalam Pembelajaran Tari di TK ABA. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis etnografi. Pendekatan etnografi yaitu mendeskripsikan sesuatu topik dan mengamati kegiatan, kemudian menyimpulkan/menginterpretasikan apa yang kita lihat sesuai fakta-fakta yang ada dengan apa yang didapat. Teknik pengumpulan data yang dignakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan triangulasi yaitu verifikasi penemuan melalui informasi dari berbagai sumber dengan menggunakan metode dalam pengumpulan data. Analisis data yang dilakukan yaitu domain, taksonomi, komponensial dan Tema/kultural. Hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di TK ABA ini berlangsung dengan baik, yaitu anak dapat menerima materi yang diberikan oleh guru dan melakukan pembelajaran sesuai yang diajarkan guru dari materi awal sampai selesai, selain itu juga seirama dengan iringan musik yang diajarkan. Anak mengikuti proses kegiatan pembelajaran sampai selesai. Proses Pengembangan Kecerdasan Body Kinestetik dapat dilakukan dengan baik, anak dilatih untuk menggerakkan setiap bagian tubuhnya dengan terampil dan membantu perkembangan siswa. Proses kecerdasan body kinestetik sangat bermanfaat bagi anak untuk melatih tiap otot-otot tubuh dan membuat kelenturan tubuh siswa. Salah satu proses kecerdasan body kinestetik misalnya dapat terlihat pada saat anak melakukan gerak memegang kipas, disini anak dilatih bagaimana memegang kipas yang benar, anak juga bisa berlatih otot-otot jari tangan, memperkuat lengan tangan dan belajar melakukan gerakan cepat dengan tangan. Anak juga bisa belajar dari setiap gerakan yang dilakukan dengan tubuh anak sesuai fungsi dan kegunaannya pada tubuh. Saran yang peneliti sampaikan adalah (1) Kepada sekolah dapat meningkatkan sarana dan prasarana semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran tari, (2) Guru kelas bisa menggali potensi anak lebih dalam lagi, supaya setiap bakat anak dapat diketahui dan dikembangkan. (3) Bagi guru tari, agar lebih bersemangat untuk memotivasi siswanya dalam proses pengembanagan kecerdasan body kinestetik dalam pembelajaran tari di sekolah. (4) siswa, untuk lebih serius belajar tari agar proses pengembanagan kecerdasan body kinestetik dalam pembelajaran tari di sekolah bisa tercapai dan bermanfaat bagi kecerdasan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Apr 2011 07:02
Last Modified: 25 Apr 2015 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item