KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN METODE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS X MAN


Nur Eniyah , 2101406697 (2011) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN METODE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS X MAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN METODE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS X MAN] Microsoft Word (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN METODE STAD (STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION) SISWA KELAS X MAN) - Published Version
Download (61kB)

Abstract

Eniyah, Nur. 2010. Keefektifan Pembelajaran Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan Metode STAD (Student Team-Achievement Division) Siswa Kelas X MAN.Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Drs. Wagiran, M. Hum, Pembimbing II Drs. Suparyanto. Kata kunci : menulis karangan narasi, metode CIRC, metode STAD. Kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X MAN Temanggung masih kurang memuaskan. Rendahnya kemampuan menulis karangan narasi disebabkan oleh beberapa hal, antara lain kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis karangan narasi, siswa beranggapan bahwa menulis adalah hal yang sukar, membutuhkan pemikiran, konsentrasi dan waktu yang tidak singkat maka siswa merasa bosan, jenuh dan hasilnya masih kurang memuaskan, siswa sering melakukan kesalahan berkaitan dengan kesatuan dan kepaduan karangan, hal itu karena belum dilaksanakannya penerapan metode pembelajaran yang inovatif oleh guru ketika proses pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang efektif agar mempermudah siswa dalam mempraktikan menulis karangan narasi. Adapun metode pembelajaran yang dipilih adalah metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan metode STAD (Student Team-Achievement Division). Masalah yang dikaji adalah apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X MAN Temanggung setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan metode STAD (Student Team-Achievement Division) dan pembelajaran dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) atau metode STAD (Student Team-Achievement Division) yang efektif digunakan. Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X MAN Temanggung setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan metode STAD (Student Team-Achievement Division) menggunakan uji t dan mengetahui keefektifan pembelajaran menulis karangan narasi dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan metode STAD (Student Team-Achievement Division). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni dengan desain The Randomized Pretest-Postest Control Gruop Design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X-6 dan X-7 di MAN Temanggung. Kelas X-6 sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), kelas X-7 sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode STAD (Student Team-Achievement Division). Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai UAS sebagai data awal untuk menguji sampel. Tes diberikan sebanyak dua kali, yaitu pada saat sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas X MAN Temanggung setelah diberi perlakuan dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan metode STAD (Student Team-Achievement Division). Dibuktikan hasil uji perbedaan dua rata-rata antarkelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 dengan nilai thitung > ttabel yaitu, 2,329 > 1,67, berarti ada perbedaan antarakelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 lebih baik dari pada kelas eksperimen 2. Pembelajaran dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan metode STAD (Student Team-Achievement Division) dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas X MAN Temanggung. Dibuktikan pembelajaran menulis karangan narasi di MAN Temanggung dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) nilai rata-rata tes akhir sebesar 75,05, sedangkan dengan metode STAD (Student Team-Achievement Division) nilai rata-rata sebesar 70,43. Berdasarkan hal tersebut, peneliti sarankan guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam pembelajaran menulis narasi karena telah diuji keefektifannya dan tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan metode STAD (Student Team-Achievement Division). Peneliti bidang Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai reverensi untuk meningkatkan kemampuan menulis, khususnya menulis karangan narasi dalam penelitian tindakan kelas yang telah diuji keefektifannya dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis karangan narasi, metode CIRC, metode STAD.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3260 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:00
Last Modified: 27 Nov 2011 09:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9604

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item