GAYA HIDUP DUNIA GEMERLAP MALAM (DUGEM) DI SEMARANG (Studi Kasus Mahasiswa UNNES tentang Filosofi Hidup Dugem Kaitannya dengan Nilai dan Norma Sosial)


Mufani Jayanti , 1201406017 (2011) GAYA HIDUP DUNIA GEMERLAP MALAM (DUGEM) DI SEMARANG (Studi Kasus Mahasiswa UNNES tentang Filosofi Hidup Dugem Kaitannya dengan Nilai dan Norma Sosial). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GAYA HIDUP DUNIA GEMERLAP MALAM (DUGEM) DI SEMARANG (Studi Kasus Mahasiswa UNNES tentang Filosofi Hidup Dugem Kaitannya dengan Nilai dan Norma Sosial)] PDF (GAYA HIDUP DUNIA GEMERLAP MALAM (DUGEM) DI SEMARANG (Studi Kasus Mahasiswa UNNES tentang Filosofi Hidup Dugem Kaitannya dengan Nilai dan Norma Sosial)) - Published Version
Download (162kB)

Abstract

Jayanti, Mufani. 2010. “Gaya Hidup Dunia Gemerlap Malam (Dugem) di Semarang (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Semarang tentang Filosofi Hidup Dugem kaitanya dengan Nilai dan Norma Sosial).” Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I Dr. Fakhruddin, M.Pd, Pembimbing II Dra. Tri Suminar, M.Pd. Kata Kunci : Gaya Hidup Dunia Gemerlap Malam (Dugem), Filosofi Hidup, Nilai dan Norma Sosial. Latar belakang penelitian ini adalah gaya hidup (life style) yang melanda pada masyarakat kota, yang ada di Semarang adalah gaya hidup dunia gemerlap “dugem”. Dugem adalah kebiasaan yang dilakukan individu atau kelompok untuk mencari hiburan dan kesenangan pada malam hari. Kebiasaan tersebut juga dilakukan oleh sebagian mahasiswa UNNES walaupun tidak sesuai dengan kondisi masyarakat. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kehidupan dugem mahasiswa UNNES ? (2) Apa faktor-faktor yang menyebabkan untuk bergaya hidup dugem? (3) Bagaimana dampak positif dan negatif mengikuti gaya hidup dugem pada kehidupan sehari-hari? (4) Bagaimana filosofi hidup yang dianut mahasiswa bergaya hidup dugem (nilai dan norma)? (5) Bagaimana aspirasi mahasiswa yang mengikuti gaya hidup dugem? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-studi kasus. Subyek penelitian ini mahasiswa UNNES yang bergaya hidup dugem. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi dengan narasumbernya subyek utama teman kost, teman dugem, dan teman kuliah. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data dari sumber data dan teori. Analisis datanya dengan menggunakan model interaktif dari Milles Huberman. Hasil dan simpulan dalam penelitian ini yaitu faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi gaya hidup dugem yakni kelompok referensi, keluarga, kelas sosial, dan kebudayaan. Dampak positif dugem adalah mempunyai banyak teman, menghilangkan stress. Dampak negatif dugem adalah boros, mengganggu kesehatan, IP mahasiswa kurang dari standar. Mahasiswa UNNES yang bergaya hidup dugem cenderung mengabaikan nilai dan norma sosial. Mahasiswa UNNES yang bergaya hidup dugem cenderung membentuk nilai dan norma sendiri. Mahasiwa yang bergaya hidup dugem menganut filosofi hidup postmodern. Mahasiswa UNNES yang bergaya hidup dugem sebagian besar mempunyai aspirasi untuk menjadi guru dan akan meninggalkan gaya hidup dugem. Saran bagi mahasiswa untuk refleksi diri agar bergaya hidup sesuai dengan nilai dan norma sosial yang berlaku di masyarakat. Bagi mahasiswa pelaku dugem, bisa mengalihkan kegiatan dugem dengan aktif kegiatan di kampus. Bagi orang tua sebagai tindakan preventif atau pencegahan agar anak memperoleh pendidikan agama di keluarga dan anak mendapatkan perhatian dalam keluarga. Bagi masyarakat atau pemilik kost bertugas sebagai pengganti orang tua.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup Dunia Gemerlap Malam (Dugem), Filosofi Hidup, Nilai dan Norma Sosial.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:01
Last Modified: 27 Nov 2011 09:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9595

Actions (login required)

View Item View Item