PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO REALITAS SOSIAL MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANGSRI JEPARA


Nailul Haq, 2101406608 (2011) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO REALITAS SOSIAL MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANGSRI JEPARA. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO REALITAS SOSIAL MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANGSRI JEPARA] Microsoft Word (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO REALITAS SOSIAL MELALUI TEKNIK BRAINSTORMING SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BANGSRI JEPARA)
Download (64kB)

Abstract

SARI Haq, Nailul. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Video Realitas Sosial Melalui Teknik Brainstorming Siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bangsri Jepara. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I Prof. Dr. Agus Nuryatin, M.Hum. Pembimbing II Drs. Mukh. Doyin, M.Si. Kata kunci: Keterampilan menulis puisi, media video realitas sosial dan teknik brainstorming. Menulis merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk itu, keterampilan menulis perlu dimiliki oleh setiap orang. Pada kenyataannya, keterampilan menulis dikalangan siswa relatif rendah. Tidak sedikit siswa yang mengalami hambatan dalam penguasaan keterampilan menulis, salah satunya rendahnya keterampilan siswa dalam menulis puisi. Rendahnya keterampilan menulis puisi ini dialami juga oleh siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bangsri Jepara. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mencoba satu pembaharuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi, yaitu dengan menggunakan media video realitas sosial melalui teknik brainstorming pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bangsri Jepara. Berdasarkan paparan di atas, permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bangsri Jepara, setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media video realitas sosial melalui teknik brainstorming? (2) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas VIII A SMA Negeri 1 Bangsri Jepara, setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media video realitas sosial melalui teknik brainstorming. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bangsri Jepara, setelah mengikuti pembelajaran menulis pusisi dengan menggunakan media video realitas sosial melalui teknik brainstorming, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bangsri Jepara, setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dnegna menggunakan media video realitas sosial melalui teknik brainstorming. Adapun manfaat penelitian ini adalah dapat melengkapi khasanah media pembelajaran, khususnya pembelajaran menulis Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain itu, penelitian ini pun diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya adalah keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Bangsri Jepara. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dengan instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes menulis puisi. Sementara itu, instrumen nontes berupa observasi, jurnal, dan wawancara. Validitas instrumen dilakukan dengan cara mengkonsultasikan dengan dosen pembimbing dan gruru Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah yang bersangkutan. Analisis data tes dengan teknik kuantitatif, sedangkan analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif. Hasil analisis data penelitian keterampilan menulis puisi siswa dari siklus I dna siklus II mengalmi peningkatan. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 57,6 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,7. Jadi, peningkatan keterampilan menulis puisi siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 28%. Dari data nontes dapat diketahui peubahan perilaku siswa ke arah yang positif setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media video realitas sosial melalui teknik brainstorming. Hal ini dibuktikan dengan sikap siswa dalam menangggapi pembelajaran yang dilakukan oleh guru, siswa semakin aktif dan antusias dalam belajar. Mengacu pada hasil penelitian itu, peneliti menyarankan pada guru Bahasa Indonesia hendaknya mempertimbangkan penggunaann media video realitas sosial dan teknik brainstorming dalam mengoptimalkan pembelajaran menulis puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis puisi, media video realitas sosial dan teknik brainstorming.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 3263 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:01
Last Modified: 27 Nov 2011 09:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9586

Actions (login required)

View Item View Item