PENERAPAN METODE SIGHT SINGING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA ANAK–ANAK DI SD NEGERI 01 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL


Setiorini Rahma Safitri , 2503405043 (2011) PENERAPAN METODE SIGHT SINGING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA ANAK–ANAK DI SD NEGERI 01 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN METODE SIGHT SINGING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI  DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA ANAK–ANAK  DI SD NEGERI 01 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL] Microsoft Word (PENERAPAN METODE SIGHT SINGING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN PADUAN SUARA ANAK–ANAK DI SD NEGERI 01 BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (46kB)

Abstract

Setiorini Rahma Safitri, 2010. “Penerapan Metode Sight Singing Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi dalam Pembelajaran Paduan Suara Anak-anak di SD Negeri 01 Bumijawa Kabupaten Tegal”. Skripsi. Jurusan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kegiatan paduan suara sebagai salah satu ekstrakurikuler yang sangat disukai sebagian siswa SDN Bumijawa 01 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Tetapi hal ini sering menjadi berat dan tidak menyenangkan saat siswa diberikan lagu baru dengan pengenalan notasi lebih dulu. Itu sebabnya dibutuhkan tehnik yang menarik agar siswa tertarik untuk menguasai notasi juga. Dari pengamatan awal yang dilakukan oleh peneliti ternyata dalam proses pembelajaran paduan suara di SDN 01 Bumijawa Kabupaten Tegal terdapat beberapa kendala dalam hal ini bahwa ada sebagian siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar paduan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pembelajaran paduan suara dalam meningkatkan kemampuan bernyanyi siswa dengan metode sight singing dan untuk meningkatkan motivasi siswa dengan metode sight singing. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kualitatif. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel penelitian dikelompkkan menjadi tiga, yaitu variabel input, variabel proses dan variabel out put. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, teknik angket, teknik pengamatan, dan teknik wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara data-data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, direduksi, diklasifikasikan, diinterpretasikan dan dideskripsikan kedalam bahasa verbal untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Metode Sight Singing dapat meningkatkan kemampuan vokal dalam pembelajaran paduan suara di SD Negeri 01 Bumijawa Kabupaten Tegal. (2) Dengan metode Sight Singing dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran paduan suara di SD Negeri 01 Bumijawa Kabupaten Tegal. Faktor yang menghambat pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara adalah keterbatasan lagu-lagu model, belum tersedianya ruangan untuk kegiatan bermusik (paduan suara), model pembelajaran yang kurang tepat dan kemampuan olah vokal siswa yang kurang terasah, keterbatasan kemampuan pelatih dan keterbatasan dana untuk memenuhi sarana dan prasarana ekstrakurikuler paduan suara. Faktor pengambat yang lain yang cukup mempengaruhi adalah kondisi geografis daerah Kecamatan Bumijawa. Saran yang dikemukakan yaitu dalam kegiatan bermusik pada umumnya dan paduan suara pada khususnya sekolah hendaknya menyediakan atau membuat ruangan khusus (lab musik). Rutinitas latihan khususnya dalam kegiatan paduan suara sangat diperlukan. Guru ekstrakurikuler hendaknya lebih meningkatkan penggunaan teknik pembelajaran vokal yang baik agar kualitas paduan suara semakin meningkat pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 3261 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:03
Last Modified: 27 Nov 2011 09:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9562

Actions (login required)

View Item View Item