PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI SMP PGRI 16 BRANGSONG KENDAL
Siti Murtasiyah , 4401406540 (2011) PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI SMP PGRI 16 BRANGSONG KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
This is the latest version of this item.
Microsoft Word (PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI SMP PGRI 16 BRANGSONG KENDAL)
- Published Version
Download (55kB) |
Abstract
Murtasiyah, Siti. 2010. Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan Model Investigasi Kelompok pada Materi Klasifikasi Hewan di SMP PGRI 16 Brangsong Kendal. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Drs. Bambang Priyono, M.Si dan Siti Alimah, S.Pd, M.Pd Pembelajaran Biologi SMP Kelas VII semester genap terdapat materi Klasifikasi hewan. Materi ini membahas tentang penggelompokan hewan berdasarkan ciri-cirinya. Beberapa contoh hewan dapat ditemukan dilingkungan sekitar SMP PGRI 16 Brangsong, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi diperoleh keterangan bahwa pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru (Teacher center learning), hal ini diduga mengakibatkan aktivitas siswa rendah sehingga hasil belajar siswa belum optimal, hanya 63,4% siswa yang tuntas KKM. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mencoba menerapkan pendekatan dan model pembelajaran yang sesuai dengan objek belajar yang tersedia. Salah satu yang dapat dipilih adalah Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dengan model Investigasi Kelompok. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan JAS dengan model investigasi kelompok dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi klasifikasi hewan di SMP PGRI 16 Brangsong. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP PGRI 16 Brangsong Tahun Ajaran 2009/2010. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A, VII B, dan VII D sebagai kelas perlakuan, yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian ini adalah Pre Experiment design yaitu dengan menggunakan rancangan one shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen mencapai KKM (70) dengan ketuntasan klasikal untuk kelas VII A sebesar 94,87%, kelas VII B sebesar 100% dan kelas VII D sebesar 84,21%. Siswa aktif dalam pembelajaran dengan persentase 97,44%-100% tergolong dalam kriteria sangat aktif dan aktif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) dengan model investigasi kelompok pada materi klasifikasi hewan di SMP PGRI 16 Brangsong dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa maupun aktivitas belajar siswa. Penerapan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) dengan model investigasi kelompok perlu kiranya dipertimbangkan sebagai salah satu strategi pembelajaran menginggat potensi dari lingkungan sekitar sekolah. Kata Kunci : Jelajah Alam Sekitar (JAS), Investigasi kelompok, materi klasifikasi hewan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jelajah Alam Sekitar (JAS), Investigasi kelompok, materi klasifikasi hewan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 3260 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2011 09:05 |
Last Modified: | 27 Nov 2011 09:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9558 |
Available Versions of this Item
-
PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK
PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN
DI SMP PGRI 16 BRANGSONG KENDAL. (deposited 27 Nov 2011 09:06)
- PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) DENGAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI KLASIFIKASI HEWAN DI SMP PGRI 16 BRANGSONG KENDAL. (deposited 27 Nov 2011 09:05) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |