PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN DJARUM TERHADAP TRUST IN BRAND ROKOK DJARUM


Ratih Komala Dewi , 1550404042 (2009) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN DJARUM TERHADAP TRUST IN BRAND ROKOK DJARUM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN DJARUM TERHADAP TRUST IN BRAND ROKOK DJARUM]
Preview
PDF (PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERUSAHAAN DJARUM TERHADAP TRUST IN BRAND ROKOK DJARUM) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena makin maraknya perusahaan yang melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) terhadap konsumen maupun masyarakat sekitar perusahaan demi menarik perhatian konsumen. Djarum adalah salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang juga ikut melakukan corporate social responsibility tersebut. Dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan Djarum tersebut, dapat meningkatkan rasa percaya konsumen pada merek rokok Djarum atau trust in brand. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara corporate social responsibility yang telah dilakukan Djarum dengan kepercayaan pada merek Djarum yang ada di masyarakat. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa berjenis kelamin laki-laki yang ada di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang yang telah merokok Djarum minimal satu tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling yang merupakan pengambilan sampel dari semua anggota populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu yang mempunyai sangkut paut erat dengan ciri-ciri populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 128 orang mahasiswa laki-laki yang berbeda jurusan di Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala. Skala corporate social responsibility terdiri dari 53 aitem, skala trust in brand terdiri dari 49 aitem, yang disusun oleh peneliti. Setelah dilakukan ujicoba diperoleh 45 aitem skala corporate social responsibility dan 42 aitem trust in brand yang sahih dengan nilai validitas terendah sebesar 0,014 dan 0,157. Reliabilitas skala corporate social responsibility sebesar 0,925 dan trust in brand sebesar 0,928. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility Djarum yang berada dalam kategori sangat rendah sebanyak 0 % atau 0 responden, pada kategori rendah 0 % atau 0 responden, pada ketegori sedang sebanyak 0 % atau 0 responden, pada kategori tinggi sebanyak 0,78 % atau 1 responden, pada kategori sangat tinggi sebanyak 99,22 % atau 127 responden. Sedang trust in brand rokok Djarum yang berada dalam kategori sangat rendah sebanyak 0 % atau 0 responden, pada kategori rendah sebanyak 0 % atau 0 responden, pada kategori sedang sebanyak 0 % atau 0 responden, pada kategori tinggi sebanyak 3,91 % atau 5 responden, serta pada kategori sangat tinggi sebanyak 96,09 % atau 123 responden. Jadi persepsi responden mengenai sumbangan yang telah diberikan pada kegiatan corporate social responsibility atau tanggung jawab sosial perusahaan Djarum untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada merek (trust in brand) rokok Djarum sebesar 33,60%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada “pengaruh CSR Djarum terhadap trust in brand rokok Djarum”. Semakin tinggi CSR Djarum maka semakin tinggi trust in brand rokok Djarum, dan sebaliknya, semakin rendah CSR Djarum maka semakin rendah trust in brand rokok Djarum. Saran yang dapat peneliti berikan untuk perusahaan adalah dari kegiatan CSR yang mampu Djarum lakukan, akan memberikan sumbangan yang besar demi peningkatan rasa percaya konsumen pada rokok Djarum. Ketika kepercayaan pada merek semakin tinggi, maka PT. Djarum pula yang akan meraih keuntungan karena konsumen merasa rokok Djarum pantas untuk dikonsumsi. Jadi, Djarum disarankan untuk lebih meningkatkan kegiatan CSR demi terwujudnya kepercayaan pada merek Djarum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility dan Trust in Brand
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 06:06
Last Modified: 25 Apr 2015 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/955

Actions (login required)

View Item View Item