PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI


Ainul Amalia, 7101406650 (2011) PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS  DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR  TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA  PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ] Microsoft Word (PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI ) - Published Version
Download (55kB)

Abstract

Ainul Amalia. 2010. Pengaruh metode pemberian tugas dan kreativitas guru dalam mengajar pada mata pelajaran ekonomi, siswa kelas X SMA N 1 Bergas. Jurusan Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Syamsu Hadi, M.Si. Pembibing II. Prof. Dr. Joko Widodo, M.Pd. Kata kunci: Metode Pemberian Tugas, Kreativitas Guru, Hasil Belajar. Metode pemberian tugas dan kreativitas guru merupakan faktor yang berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: 1).Seberapa besar pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Bergas. 2).Seberapa besar pengaruh kreatifitas guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Bergas. 3).Seberapa besar pengaruh metode pemberian tugas (resitasi) dan kreatifitas guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Bergas. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA N 1 Bergas 2009/2010 berjumlah 264 siswa. Pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Dihitung dengan rumus slovin diperoleh sebanyak 159 siswa. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini meliputi metode pemberian tugas (X1), kreativitas guru (X2), hasil belajar (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan linier berganda. Hasil perhitungan analisis regresi linier berganda diperolah persamaan Y= 34.393 + 0.251X1 + 0.222X2 secara silmultan diperolah Fhitung = 38.748 dengan probabilitas 0.000.<0.05. secara parsial thitung untuk metode pemberian tugas sebesar 6.696 dengan probabilitas 0.000<0.05. Nilai thitung untuk kreativitas guru sebesar 2.399 dengan probabilitas 0.018<0.05. Sumbangan secara parsial metode pemberian tugas dan kreativitas guru sebesar 22.37% dan 3.57%. Secara simultan metode pemberian tugas dan kreativitas guru berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 32.3%. Simpulan secara parsial dan simultan metode pemberian tugas dan kreativitas guru berpengaruh terhadap hasil belajar. Saran yang dapat penulis berikan yaitu: Bagi guru disarankan untuk meningkatkan pemberian tugas terhadap materi pelajaran ekonomi, dan meningkatkan kreativitasnya dalam pelaksanaan program pembelajaran, agar siswa tidak bosan dan termotivasi untuk memahami yang disampaikan, Disarankan untuk meningkatkan kemampuan mengevaluasi baik hasil belajar siswa maupun program pembelajaran, agar proses pembelajaran semakin meningkat dan hasil belajar siswa lebih optimal. Bagi sekolah disarankan memberikan lebih banyak kesempatan kepada guru untuk mengikuti seminar atau penataran guna meningkatkan kemampuan mengajar guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Pemberian Tugas, Kreativitas Guru, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:08
Last Modified: 27 Nov 2011 09:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9523

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item