UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 KANDANGWANGI TAHUN PELAJARAN 2009/2010


TRIYONO, 1404907039 (2011) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 KANDANGWANGI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN  PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI  SD NEGERI 3 KANDANGWANGI TAHUN PELAJARAN 2009/2010] Microsoft Word (UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN DAN HEWAN PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 KANDANGWANGI TAHUN PELAJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (53kB)

Abstract

Triyono. 2010. Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan pada Mata Pelajaran IPA Melalui Teknik Arisan Soal Berantai Bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Kandangwangi Tahun Pelajaran 2009/2010. Tugas Akhir, Program S1 PGSD, Universitas Negeri Semaramg. Dosen Pembimbing Drs. TIJAN, M.Si. 55 halaman. Kata Kunci: teknik arisan soal berantai, pemahaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPA, konsep perkembangbiakan tumbuhan dan hewan dengan menggunakan teknik arisan soal berantai pada siswa Kelas VI SD Negeri 3 Kandangwangi, dengan dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kemampuan siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VI SD Negeri 3 Kandangwangi Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 27 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dua siklus, tiap siklus mencakup empat tahap yaitu: (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (acting); (3) pengamatan (observing); dan (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, jurnal dan wawancara. Data yang didapat dari hasil observasi diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif presentasi, sedangkan data yang didapat dari jurnal dan wawancara diolah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari siklus ke siklus berikutnya. Siswa menjadi lebih termotifasi dan memahami konsep perkembangbiakan tumbuhan dan hewan. Siswa mampu mejelaskan cara-cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan secara generativ maupun vegetativ berikut contoh-contohnya. Data kondisi awal menunjukkan nilai rata-rata kelas 5,7 kemudian di akhir siklus I mencapai nilai rata-rata 6,1 berarti mengalami kenaikan 0,4 poin atau 7%. Dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari nilai rata-rata 6,1 menjadi 8,1 berarti terjadi peningkatan 2 poin atau 32%. Dengan demikian dari kondisi awal ke kondisi akhir, atau dari rata-rata nilai 5,7 menjadi 8,1 maka terjadi peningkatan 2,4 poin (42%). Berdasarkan data nyata melalui bukti pelaksanaan pembelajaran sesuai hipotesis yang diajukan dan hasil evaluasi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan teknik arisan soal berantai dapat meningkatkan pemahaman konsep perkembangbiakan tumbuhan dan hewan bagi siswa kelas VI SD Negeri 3 Kandangwangi tahun pelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teknik arisan soal berantai, pemahaman
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:11
Last Modified: 27 Nov 2011 09:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9491

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item