Variasi Pembelajaran Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi


Titi Puji Lestari, 2102406689 (2011) Variasi Pembelajaran Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Variasi Pembelajaran Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi] Microsoft Word (Variasi Pembelajaran Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

Lestari, Titi Puji. 2010. Variasi Pembelajaran Menulis pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Agus Yuwono, M.Si. Pembimbing II: Mujimin, S.Pd. Kata Kunci: pembelajaran menulis, variasi pembelajaran Pembelajaran menulis bertujuan melatih kreativitas siswa untuk mengembangkan kemampuan berbahasa ke dalam bentuk tulisan. Penggunaan variasi dalam pembelajaran bertujuan agar siswa terhindar dari rasa bosan. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah variasi metode, media, dan sumber materi yang digunakan oleh guru bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi dalam pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsi variasi metode, media, dan sumber materi yang digunakan oleh guru bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi dalam pembelajaran menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripif. Data penelitian ini berupa variasi pembelajaran menulis meliputi variasi metode, media, dan sumber materi yang digunakan oleh guru bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi. Sumber data penelitian ini adalah guru pada saat melaksanakan pembelajaran menulis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, data diolah menggunakan teknik pilah. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi metode yang digunakan oleh guru bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi dalam pembelajaran menulis antara lain; metode ceramah, tanya jawab, diskusi, inquiry, latihan, karyawisata, dan penugasan. Variasi media yang digunakan dalam pembelajaran menulis meliputi media elektronik antara lain laptop, LCD, VCD, tape recoder, sedangkan media nonelektronik yang digunakan antara lain; gambar poster, contoh hasil laporan, dan kaleng bekas. Sumber materi yang digunakan dalam pembelajaran menulis bersumber dari buku teks, LKS, dan majalah berbahasa Jawa. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya variasi metode, media, dan sumber materi yang digunakan oleh guru bahasa Jawa di SMP Negeri Se-Kecamatan Sragi dalam pembelajaran menulis. Saran yang dapat peneliti berikan dari hasil penelitian adalah penggunaan metode, media, dan sumber materi dalam pembelajaran menulis harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, bagi para peneliti dapat mengadakan penelitian lanjutan mengenai variasi dalam pembelajaran menulis dengan penekanan pada variasi yang lain untuk menambah kajian pembelajaran menulis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis, variasi pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2011 23:43
Last Modified: 26 Nov 2011 23:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9453

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item