Pengaruh Pendekatan ARIAS (Assurance, Relevance, Interest,Assessment, Satisfaction) dengan Bantuan Media Study Card pada Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010


Ula Toriqul Ummah, 4301406002 (2011) Pengaruh Pendekatan ARIAS (Assurance, Relevance, Interest,Assessment, Satisfaction) dengan Bantuan Media Study Card pada Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan ARIAS (Assurance, Relevance, Interest,Assessment, Satisfaction) dengan Bantuan Media Study Card pada Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010] Microsoft Word (Pengaruh Pendekatan ARIAS (Assurance, Relevance, Interest,Assessment, Satisfaction) dengan Bantuan Media Study Card pada Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010) - Published Version
Download (56kB)

Abstract

ABSTRAK Ummah, Ula Toriqul. 2010. Pengaruh Pendekatan ARIAS (Assurance, Relevance, Interest,Assessment, Satisfaction) dengan Bantuan Media Study Card pada Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 2 Ungaran Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Nurwachid B.S, M.Si, Pembimbing II: Drs. Ersanghono K, M.S. Kata kunci: pengaruh, pendekatan ARIAS, media study card, hasil belajar. Mata pelajaran kimia merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Kesulitan siswa dalam mempelajari suatu materi sangat tergantung pada cara guru mengajar. Guru harus bisa memilih pendekatan pembelajaran yang bisa membuat siswa merasa senang untuk belajar, sehingga mampu memotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pendekatan ARIAS dengan bantuan media study card. Pendekatan Pembelajaran ARIAS terdiri dari lima komponen belajar yaitu assurance (percaya diri), relevance (keterkaitan), interest (minat), assesment (evaluasi) dan satisfaction (kepuasan). Dalam penelitian ini menggunakan bantuan media study card untuk menunjang proses pembelajaran agar lebih menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan ARIAS dengan bantuan media study card terhadap hasil belajar kimia materi pokok redoks. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X semester II SMA Negeri 2 Ungaran tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas X-3 sebagai kelas eksperimen mendapat perlakuan penerapan pembelajaran ARIAS dengan bantuan study card dan X-2 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes, angket dan observasi. Metode analisis data terdiri dari analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji Anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Diperoleh simpulan hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata penerapan pendekatan ARIAS dengan media study card berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi pokok redoks. Besarnya kontribusi sebesar 24,66%. Simpulan pada penelitian ini penerapan pendekatan ARIAS dengan media study card berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi pokok redoks siswa kelas X SMA Negeri 2 Ungaran dengan kontribusi sebesar 24,66%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, pendekatan ARIAS, media study card, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2011 23:43
Last Modified: 26 Nov 2011 23:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9451

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item