PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA


Yeni Agung Lestari, 4201406563 (2011) PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN  HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA ] Microsoft Word (PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA )
Download (75kB)

Abstract

Agung Lestari, Yeni. 2010. Pembelajarn Fisika Berbasis Inkuiri pada Pokok Bahasan Hukum Newton untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs. Sukiswo Supeni Edi, M.Si., Pembimbing II: Drs. Hadi Susanto, M.Si. Kata kunci: Ketrampilan Proses , Hasil belajar, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ketrampilan proses dan hasil belajar adalah dua hal yang saling mempengaruhi dalam pembelajaran, begitu juga dalam mata pelajaran fisika terutama yang berhubungan dengan percobaan. Kenyataan yang ada di SMA N 1 Jepon, ketrampilan proses siswa masih rendah. Siswa belum mampu menemukan sendiri konsep fisika yang telah dipelajari, siswa hanya menerapkan konsep-konsep yang diberikan oleh guru. Hal ini mengindikasikan bahwa ketrampilan proses siswa masih rendah terhadap pembelajaran fisika yang akhirnya akan berdampak negatif terhadap hasil belajar siswa. Untuk menghindari hal tersebut diperlukan adanya model pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton, salah satunya dengan menerapkan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan Hukum Newton dapat meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar siswa kelas X semester 1 SMA N 1 Jepon. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah SMA N 1 Jepon yang beralamat di Jalan Raya Blora Cepu km 9. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X5 tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 33 siswa. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif diperoleh dari test, data ketrampilan proses, hasil belajar afektif dan psikomotorik diperoleh dari lembar observasi, dan respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh dari angket. Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji g(gain). Hasil analisis statistik dengan menggunakan uji g terhadap data ketrampilan proses dan hasil belajar siswa dari siklus I, siklus II dan siklus III terjadi peningkatan, maka dapat dikatakan ketrampilan proses dan hasil belajar siswa kelas X semester I SMA N 1 Jepon pada materi Hukum Newton dapat ditingkatkan dengan Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing. Saran yang dapat diberikan setelah melakukan penelitian ini adalah Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat digunakan guru mata pelajaran fisika sebagai alternatif untuk merancang pembelajaran di kelas karena terbukti mampu meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2011 23:45
Last Modified: 26 Nov 2011 23:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9436

Actions (login required)

View Item View Item