Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA N 1 Bergas


Nurul Khorida, 4301406027 (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA N 1 Bergas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).

This is the latest version of this item.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA N 1 Bergas] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA N 1 Bergas) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Khorida, Nurul. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA N 1 Bergas. Skripsi S1 Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Drs Nurwachid BS, M.Si., Pembimbing II: Drs. Kusoro Siadi, M.Si Kata kunci: STAD, Minat siswa, Hasil Belajar Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dapat digunakan untuk memberikan pemahaman konsep materi yang sulit kepada siswa, materi tersebut telah dipersiapkan oleh guru melalui lembar diskusi siswa atau perangkat pembelajaran yang lain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester II SMA Negeri 1 Bergas tahun pelajaran 2009/2010. Penentuan sampel dengan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas XI IPA-1 sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan metode STAD dan minat siswa sebagai kelompok eksperimen dan XI IPA-2 yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah control-group pretest-posttest design. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, test, angket, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r2 sebesar 47,02% artinya model pembelajaran Kooperatif tipe STAD mempengaruhi hasil belajar sebesar 47,02% sedangkan minat siswa mempengaruhi hasil belajar 52,15%. Berdasarkan hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 91,89% dan kelompok kontrol sebesar 59,46 %. Dari hasil observasi terhadap ranah afektif dan ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen ≥ 65. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan minat siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Bergas, tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: STAD, Minat siswa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 3259 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2011 23:45
Last Modified: 26 Nov 2011 23:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9432

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item