Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kejajar Dalam Belajar Sejarah Melalui Pemanfaatan Situs Candi Dieng Sebagai Sumber Belajar.
Dyah Ari Widyasmara, 3101406004 (2011) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kejajar Dalam Belajar Sejarah Melalui Pemanfaatan Situs Candi Dieng Sebagai Sumber Belajar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang(UNNES).
This is the latest version of this item.
Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kejajar Dalam Belajar Sejarah Melalui Pemanfaatan Situs Candi Dieng Sebagai Sumber Belajar.)
- Published Version
Download (59kB) |
Abstract
SARI Widyasmara, Dyah Ari. 2010. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kejajar Dalam Belajar Sejarah Melalui Pemanfaatan Situs Candi Dieng Sebagai Sumber Belajar. Skripsi. Jurusan Sejarah. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang. Kata Kunci : Minat Belajar, Sumber Belajar, Resourch Based Learning, Situs Candi Dieng Minat termasuk salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan belajar. Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 15 Februari 2010 pembelajaran yang berlangsung selama ini di SMP Negeri 1 Kejajar pada mata pelajaran IPS Sejarah masih cenderung konvensional dan kurang variatif sehingga kurang menumbuhkan minat siswa untuk belajar. Di sisi lain tuntutan pendidikan seperti kebutuhan akan kurikulum mendorong dimanfaatkannya berbagai sumber belajar secara luas. Pendekatan resourch based learning dengan pemanfaatan situs Candi Dieng sebagai sumber belajar merupakan salah satu alternatif dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Kejajar untuk melaksanakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan minat siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kejajar dalam belajar sejarah dengan memanfaatkan situs Candi Dieng sebagai sumber belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terbagi menjadi tiga siklus dengan alur perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan buku-buku di perpustakaan sebagai sumber belajar untuk mencari tahu tentang situs Candi Dieng, kemudian menggunakan video pembelajaran, dan selanjutnya dengan lawatan ke situs Candi Dieng untuk mengetahui secara langsung keberadaan peninggalan kerajaan Hindu Budha. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara dengan guru dan siswa, angket, dan observasi awal. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A SMP N 1 Kejajar yang berjumlah 35 anak dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan pengamatan dengan lembar observasi siswa dan kinerja guru saat pelaksanaan pembelajaran. Analisis data dimulai dengan mengumpulkan data yang ada di lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan metode statistik deskriptif sederhana untuk menghitung persentase kenaikan minat belajar siswa sebelum dikenakan tindakan sampai dikenakan tindakan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pemanfaatkan situs Candi Dieng sebagai sumber belajar sejarah kelas VII A SMP Negeri 1 Kejajar dapat meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Sebelum diberi pembelajaran menunjukan keterlibatan aktif siswa hanya 25%. Setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan keterlibatan aktif siswa 72,43% dengan rata-rata nilai tugas siswa 71. Pada siklus II keterlibatan aktif siswa menunjukan peningkatan dengan rata-rata 77% dan kenaikan nilai tugas rata-rata kelas 83,63. Minat siswa dalam belajar mengalami peningkatan lebih lanjut setelah siklus III dengan rata-rata keterlibatan aktif siswa mencapai 81,71% dengan rata-rata nilai tugas yaitu 84,43. Berdasarkan kesimpulan penelitian disarankan: (1) guru mampu menciptakan suasana belajar yang mendorong siswa untuk lebih aktif dan memanfaatkan sumber belajar yang lebih luas dan inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa, (2) guru diharapkan tahu tentang minat siswanya terhadap pelajaran, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswanya, sehingga dapat menjaga agar minat belajar siswanya bisa ditingkatkan, (3) situs sejarah Candi Dieng dapat dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan di sekolah, sehingga diperlukan partisipasi dari pemerintah daerah dan dinas pariwisata serta segenap masyarakat untuk melestarikan peninggalan kuno yang mempunyai warisan nilai budaya tinggi tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Sumber Belajar, Resourch Based Learning, Situs Candi Dieng |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 3259 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2011 09:17 |
Last Modified: | 27 Nov 2011 09:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9421 |
Available Versions of this Item
-
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kejajar Dalam Belajar Sejarah Melalui Pemanfaatan Situs Candi Dieng Sebagai Sumber Belajar. (deposited 18 Nov 2011 00:25)
- Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kejajar Dalam Belajar Sejarah Melalui Pemanfaatan Situs Candi Dieng Sebagai Sumber Belajar. (deposited 27 Nov 2011 09:17) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |