Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng melalui Media Audiovisual dengan Teknik Dengar Catat dan Pendekatan Game Simulation Pada Siswa Kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan
Kamilatun Nisaa’, 2101406646 (2011) Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng melalui Media Audiovisual dengan Teknik Dengar Catat dan Pendekatan Game Simulation Pada Siswa Kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Under Graduates thesis, unnes.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng melalui Media Audiovisual dengan Teknik Dengar Catat dan Pendekatan Game Simulation Pada Siswa Kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan)
Download (79kB) |
Abstract
Salah satu aspek penting dalam pemerolehan bahasa adalah menyimak. Keterampilan menyimak merupakan keterampilan pertama dari sejumlah keterampilan berbahasa sebelum berbicara, membaca, dan menulis. Sebagai bagian dari keterampilan berbahasa dan sebagai dasar untuk menguasai bahasa maka keterampilan menyimak bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia baik secara lisan maupun tertulis. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menyimak dongeng siswa kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan masih tergolong rendah dan belum memuaskan. Rendahnya keterampilan siswa dalam menyimak dongeng disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari siswa, sedangkan faktor eksternal berasal dari media, teknik dan pendekatan yang digunakan oleh guru yang kurang bervariasi dan masih tradisional sehingga siswa merasa jenuh dalam pembelajaran. Pemilihan media audiovisual, teknik dengar catat dan pendekatan game simulation merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menyimak dongeng siswa VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menyimak dongeng melalui media audiovisual dengan teknik dengar catat dan pendekatan game simulation dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan setelah dilakukan pembelajaran keterampilan menyimak dongeng melalui media audiovisual dengan teknik dengar catat dan pendekatan game simulation. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak dongeng dan perubahan tingkah laku siswa kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan. Variabel penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menyimak dongeng dan penggunaan media audiovisual, teknik dengar catat dan pendekatan game simulation. Pengumpulan data pada tahap pratindakan menggunakan tes dan nontes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal atau prasiklus masuk kategori sedang, yaitu menunjukkan skor rata-rata klasikal 56. Pada siklus I mengalami peningkatan 9,4 menjadi 65,4. Selanjutnya, pada siklus II terjadi peningkatan 12,2 menjadi 77,6. Peningkatan nilai rata-rata tersebut membuktikan keberhasilan pembelajaran menyimak dongeng melalui media audiovisual dengan teknik dengar catat dan pendekatan game simulation. Peningkatan keterampilan menyimak dongeng juga diikuti oleh perubahan tingkah laku ke arah yang lebih positif. Tingkah laku siswa pada pembelajaran di siklus II lebih positif daripada siklus I. Meskipun demikian, masih ada siswa yang melakukan tingkah laku negatif, seperti bicara sendiri, mengganggu teman. Pada siklus II berubah menjadi senang, aktif, dan serius terhadap materi yang diberikan oleh guru. Selain itu, mereka terlihat antusias dan menikmati game. Berdasarkan penelitian teersebut, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menyimak dongeng pada siswa kelas VII A SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan mengalami peningkatan setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual, teknik dengar catat dan pendekatan game simulation dan perilaku siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Saran yang dapat diberikan peneliti antara lain (1) guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan media, teknik-teknik, dan pendekatan yang sesuai dalam pembelajaran, salah satunya menggunakan media audiovisual dengan teknik dengar catat dan pendekatan game simulation dalam pembelajaran menyimak dongeng, (2) siswa hendaknya menggunakan teknik dengar catat dalam pembelajaran menyimak karena teknik tersebut dapat membantu siswa mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap aktif, terutama dalam menangkap informasi simakan, (3) para peneliti dalam bidang pendidikan dan bahasa dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian yang lain dengan media, teknik, dan pendekatan yang berbeda sehingga didapatkan berbagai media, teknik, dan pendekatan yang tepat dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 3314 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2011 09:17 |
Last Modified: | 27 Nov 2011 09:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9418 |
Actions (login required)
View Item |