Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Remaja Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Asuh Putra Panti Asuhan Ikhlasul Amal Semarang Tahun 2010


Tri Muladi, 1301405026 (2011) Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Remaja Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Asuh Putra Panti Asuhan Ikhlasul Amal Semarang Tahun 2010. Under Graduates thesis, unnes.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Remaja Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Asuh Putra Panti Asuhan Ikhlasul Amal Semarang Tahun 2010] Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Remaja Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Asuh Putra Panti Asuhan Ikhlasul Amal Semarang Tahun 2010)
Download (73kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan gejala yang terjadi di panti asuhan Ikhlasul Amal Semarang. Ada sebagian anak asuh putra yang perilakunya tidak sesuai dengan perkembangan moral remaja. Moral anak asuh putra yang kurang berkembang ditunjukkan dengan adanya gejala-gejala seperti memaksakan kehendak sendiri, kurangnya toleransi dengan teman, kurangnya berempati dengan teman, perilaku suka gaduh saat belajar, siswa terlihat memanggil temannya dengan panggilan yang kasar, menertawakan temannya yang salah, sering bertengkar dengan teman dan sering menghina teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sekaligus meningkatkan perkembangan moral melalui layanan penguasaan konten pada anak asuh putra panti asuhan Ikhlasul Amal Semarang tahun 2010. Penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre Eksperiment Design dengan jenis One Group Pre-test and Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak asuh putra panti asuhan Ikhlasul Amal Semarang tahun 2010 yang berjumlah 32 anak asuh putra. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purpose sampling, sampel penelitian ini adalah 17 anak asuh putra usia remaja. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala psikologi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan perkembangan moral remaja sebelum perlakuan dari kategori sedang dengan prosentase 57.67% ke kategori tinggi dengan prosentase 79% setelah perlakuan, mengalami peningkatan prosentase sebesar 21.33%. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxon terhadap perkembangan moral remaja dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan Z hitung = 3.622 dengan signifikansi 0.000 dengan kriteria signifikan. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan perkembangan moral remaja anak asuh putra panti asuhan Ikhlasul Amal Semarang tahun 2010 setelah diberikan layanan penguasaan konten. Pada akhirnya diharapkan akan terjadi peningkatan perkembangan moral sebelum diberikan layanan penguasaan konten dan setelah diberikan layanan penguasaan konten. Pelaksanaan layanan penguasaan konten kepada anak asuh putra adalah dikuasainya suatu konten tertentu oleh peserta didik yaitu perkembangan moral remaja yang baik. Penguasaan konten ini perlu bagi individu untuk menambah wawasan dan pemahaman, mengarahkan penilaian sikap, menguasai cara-cara kebiasaan tertentu, untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai perkembangan moral yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:17
Last Modified: 27 Nov 2011 09:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9411

Actions (login required)

View Item View Item