PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GASOHOL DAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KANDUNGAN CO GAS BUANG PADA MOTOR YAMAHA JUPITER TH 2002


I Putu Dian Ardhana Putra , 5250402054 (2008) PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GASOHOL DAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KANDUNGAN CO GAS BUANG PADA MOTOR YAMAHA JUPITER TH 2002. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GASOHOL DAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KANDUNGAN CO GAS BUANG PADA MOTOR YAMAHA JUPITER TH 2002]
Preview
PDF (PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GASOHOL DAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KANDUNGAN CO GAS BUANG PADA MOTOR YAMAHA JUPITER TH 2002) - Published Version
Download (708kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan jumlah bahan bakar mineral memerlukan solusi bagaimana memenuhi kebutuhan bahan bakar dengan bahan bakar alternatif. Gasohol adalah salah satu bahan bakar alternatif yang bisa digunakan, dengan mencampur antara bensin dan alkohol dengan perbandingan tertentu. Kandungan alkohol dalam gasohol dapat menyebabkan peningkatan nilai angka oktan dan jumlah oksigen yang terkandung di dalam bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perubahan konsumsi bahan bakar dan kandungan CO gas buang pada motor Yamaha Jupiter dengan menggunakan bahan bakar premium dan gasoho (premium+alkohol). Penelitian secara experimental dengan menggunakan analisis deskriptif. Pengambilan data mengunakan Yamaha Jupiter 2002 standar, hasilnya berupa data putaran mesin serta waktu konsumsi bahan bakar dan prosentase kadar CO gas buang. Hasil penelitian pada putaran rendah yaitu pada 1500 rpm, bahan bakar BE20 memiliki konsumsi bahan bakar paling irit yaitu 0,242 liter/jam. Sedangkan premium mempunyai konsumsi paling boros yaitu 0,349 liter/jam bila dibandingkan dengan bahan bakar BE10 yang hanya menghabiskan 0,256 liter/jam dan BE30 pada 0,269 liter/jam. Bila dibandingkan dengan bahan bakar premium bahan bakar BE10 lebih irit 0,093 liter/jam (26,6 %), BE20 lebih irit 0,107 liter/jam (30,7%) dan BE30 lebih irit 0,08 liter/jam (22,9%). Sebagai gambaran nyata, jika pemakaian bahan bakar premium menghabiskan 100 liter, maka dengan bahan bakar BE20 hanya menghabiskan 69,3 liter. Hal ini dikarenakan pada BE10 mempunyai kadar O2 yang pas pada putaran tersebut, kadar O2 pada BE20 dan BE30 yang lebih banyak dari BE10 justru membuat lebih boros. Simpulan dari penelitian ini pada penggunaan bahan bakar gasohol terjadi penurunan konsumsi bahan bakar dan kadar CO gas buang pada motor Yamaha Jupiter 2002 sebesar 30,7% (BE20 pada putaran 1500 rpm) dan penurunan kadar CO dilihat tiap putaran, pada bahan bakar BE10 sebesar 25 % - 50 %, penurunan kadar CO bahan bakar BE20 sebesar 40 % - 50 % , penurunan kadar CO bahan bakar BE30 sebesar 45,83 % - 90 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan bakar, premium, gasohol
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2011 04:43
Last Modified: 25 Apr 2015 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item