PENGARUH PENERAPAN MODEL–MODEL PEMBELAJARAN IPS GEOGRAFI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DAN MTs DI KECAMATAN BREBES


Aggi Santria Ranaggani, 3201406027 (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL–MODEL PEMBELAJARAN IPS GEOGRAFI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DAN MTs DI KECAMATAN BREBES. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENGARUH PENERAPAN MODEL–MODEL PEMBELAJARAN    IPS GEOGRAFI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DAN MTs DI KECAMATAN BREBES] Microsoft Word (PENGARUH PENERAPAN MODEL–MODEL PEMBELAJARAN IPS GEOGRAFI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA SMP DAN MTs DI KECAMATAN BREBES) - Published Version
Download (57kB)

Abstract

Rananggani, Aggi Santria. 2011. Pengaruh Penerapan Model-model Pembelajaran IPS Geografi Terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMP dan MTS di Kecamatan Brebes. Skripsi, Jurusan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing: Drs. Juhadi, M.Si. dan Drs. R Sugiyanto, SU. 97 halaman. Kata Kunci: Pengaruh, Model-Model pembelajaran, IPS Goegrafi, Aktivitas Belajar Siswa, SMP dan MTs Pembelajaran IPS geografi yang dilakukan selama 2 jam pelelajaran atau satu kali pertemuan dalam satu minggu dengan materi yang sangat kompleks menuntut guru IPS geografi untuk dapat mengemas pelajaran agar lebih menarik bagi siswa. Berdasarkan alasan tersebut guru diharapkan dapat mengunakan berbagai jenis model pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa termotivasi untuk aktif dalam pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik materi, kondisi siswa serta tujuan dari pembelajaran IPS kususnya IPS geografi. Dengan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul ”Pengaruh penerapan model pembelajaran IPS geografi terhadap aktivitas belajar siswa SMP dan MTs di Kecamatan Brebes”. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, (1) Model pembelajaran apa saja yang diterapkan oleh guru IPS SMP dan MTs di kecamatan Brebes? (2) Bagaimanakah aktivitas belajar siswa SMP dan MTs di Kecamatan Brebes? (3) Adakah pengaruh antara model pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS geografi terhadap aktivitas belajar siswa SMP dan MTs di Kecamatan Brebes? Tujuan penelitian: (1) mengetahui model pembelajaran yang digunakan guru IPS geografi (2) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa SMP dan MTs di Kecamatan Brebes(3) Untuk mengetahui pengaruh antara penerapan model pembelajaran yang digunakan oleh guru IPS geografi terhadap aktivitas belajar siswa SMP dan MTs di Kecamatan Brebes. Penelitian ini dilaksanakan di SMP dan MTs Kecamatan Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII, VIII, dan XI yang berjumlah 2088 siswa. Pengambilan sempel siswa sebanyak 409 dengan menggunakan teknik Purposive random sempling. Variabel dalam penelitian ini ada 2 yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas adalah penerapan model- model pembelajaran, dan variabel terikat adalah aktivitas belajar siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian model-model pembelajaran yang paling banyak digunakan oleh guru geografi adalah model pembelajran langsung sebanyak 81%, model pembelajaran kooperatif sebanyak 6% dan model pembelajran sosial sebanyak 6%. Aktivitaas belajar siswa 44% dalam kriteria sangat rendah, untuk aktivitas siswa saat guru menggunakan model pembelajaran langsung sebanyak 44% termsauk kriteria sangat rendah, pada saat guru menggunakan model pembelaaran kooperatif sebanyak 63% termasuk pada kriteria tinggi dan untuk aktivitas siswa pada saat guru menggunakan model pembelajaran sosial sebanyak 42% termasuk pada kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan persamaan regresi linier sederhana diperoleh Y = 35.067 + 3.952 X, dari hasil persamaan tersebut kemudian diuji kebermaknaan menggunakan uji F yang kemudian diperoleh F hitung = 52.91 dan F tabel 4.67, karena F hitung > F tabel maka koefisien regresi tersebut signifikan yang artinya terdapat pengaruh penerapan model- model pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa SMP dan MTs di Kecamatan Brebes. Hasil penelitian penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran IPS geografi terhadap aktiivitas belajar siswa SMP dan MTs di Kecamatan Brebes. Saran bagi guru hendaknya lebih meningkatkan penggunaan model kususnya model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran sosial agar siswa menjadi aktif dan suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Dalam pemilihan model pembelajaran hendaknya lebih disesuaikan dengan materi pelajaran dan dipersiapkan dengan matang agar garis besar materi dapat disampaikan. Pihak sekolah hendaknya mengadakan pelatihan khusus untuk guru geografi agar pembelajaran yang dilakukan lebih kreatif dan inovatif. Serta disediakan fasilitas-fasilitas pendukung kegiatan pembelajaranmisalnya saja LCD, CD Pembelajaran, kit batuan, atlas, globe dan peta.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model-Model pembelajaran, IPS Goegrafi, Aktivitas Belajar Siswa, SMP dan MTs
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:18
Last Modified: 27 Nov 2011 09:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9406

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item