Analisis Kinerja Manejemen Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Semarang
Sri Sudarti, 3301404548 (2009) Analisis Kinerja Manejemen Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Analisis Kinerja Manejemen Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Semarang)
- Published Version
Download (10MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Menyadari pentingnya proses peningkatan kualitas sumber daya manusia, maka pemerintah bersama kalangan swasta sama-sama telah dan terus berupaya mewujudkan amanat tersebut melalui berbagai usaha pembangunan pendidikan yang berkualitas antara lain melalui pengembangan, perbaikan kurikulum, sistem evaluasi, perbaikan sarana pendidikan, pengembangan dan pengadaan materi ajar, serta pelatihan bagi guru dan tenaga kependidikan lainnya. Tetapi pada kenyataannya upaya pemerintah tersebut belum cukup dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Manajemen sekolah adalah proses pendayagunaan sumber daya sekolah melalui kegiatan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian secara lebih efektif dan efisien dengan segala aspeknya dengan menggunakan semua potensi yang tersedia agar tercapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien serta produktivitas sekolah yang bermutu. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kinerja manajemen berbasis sekolah pada sekolah menengah pertama (SMP) negeri dan swasta di kota semarang. (2)Apakah ada perbedaan kinerja MBS di sekolah menengah pertama negeri dan swasta di kota semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa baik kinerja manajemen berbasis sekolah di SMP Negeri dan SMP Swasta di kota Semarang (2) Perbedaan kinerja manajemen berbasis sekolah di SMP negeri dan swasta di kota semarang Populasi penelitian ini berjumlahnya ada 76 SMP. Pengambilan sampel yang berjumlah 5 SMP Negeri dan 5 SMP Swasta dilakukan dengan teknik cluster sampling, berdasarkan letak wilayah dan akreditasi sekolah. Ada 8 (tiga) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: Kepemimpinan kepala sekolah, manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen tenaga kependidikan, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan dan pembiayaan, manajemen sarana prasarana, manajemen hubungan masyarakat dan manajemen layanan khusus. Kedelapan variabel tersebut merupakan variabel bebas, dalam penelitian ini tidak menggunakan variabel terikat. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Instrumen yang disusun diuji validitas dan reliabilitasnya. Untuk uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedang uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis mengunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian skor rata-rata SMP negeri pada kompetensi kepala sekolah rata-rata berjumlah 113.85 dan standar deviasi 3.57 manajemen kurikulum dan program pengajaran rata-rata berjumlah 138.85 dan standar deviasi 3.24, manajemen tenaga kependidikan rata-rata berjumlah 60.35 dan standar deviasi 1.6, manajemen kesiswaan rata-rata berjumlah 60 dan standar deviasi 2.53, manajemen keuangan dan pembiayaan rata-rata berjumlah 24.7 dan standar deviasi 0.85, manajemen sarana prasarana rata-rata berjumlah 35.2 dan standar deviasi 0.63, manajemen hubungan masyarakat rata-rata berjumlah 28.7 dan standar deviasi 0.86, manajemen layanan khusus rata-rata berjumlah 31.75 dan standar deviasi 1.07, SMP swasta pada kompetensi kepala sekolah rata-rata berjumlah 125 dan standar deviasi 2.1, manajemen kurikulum dan program pengajaran rata-rata berjumlah 146.45 dan standar deviasi 3.04, manajemen tenaga kependidikan rata-rata berjumlah 62.25 dan standar deviasi 1.83, manajemen kesiswaan berrjumlah 57.1 dan standar deviasi 5.99, manajemen keuangan dan pembiayaan rata-rata berjumlah 27.35 dan standar deviasi 0.54, manajemen sarana prasarana rata-rata berjumlah 36.1 dan standar deviasi 0.69, manajemen hubungan masyarakat rata-rata berjumlah 31.65 dan standar deviasi 0.37, manajemen layanan khusus rata-rata berjumlah 33.7 dan standar deviasi 0.89 Simpulan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada kepimpinan kepala sekolah, manajemen kurikulum dan program pengajaran, manajemen keuangan dan pembiayaan, manajemen sarana prasarana, dan hubungan masyarakat. Saran yang direkomendasikan untuk peneliti adalah Kepala sekolah hendaknya lebih mengoptimalkan lagi kompetensinya dalam kepemimpinan agar dapat lebih mengembangkan sekolahnya serta meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan di sekolah.Bagi yayasan, agar bisa membantu SMP swasta yang kekurangan pembiayaan.Pengisian kuesioner harus tepat pada sasarannya
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Manajemen Sekolah |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 05 Apr 2011 04:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/940 |
Actions (login required)
View Item |