PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS BIOEDUTAINMENT PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMP FILIAL NEGERI 23 BUBAKAN SEMARANG


Titis Elia Kusumowati, 4401406057 (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS BIOEDUTAINMENT PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMP FILIAL NEGERI 23 BUBAKAN SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS BIOEDUTAINMENT PADA MATERI POKOK EKOSISTEM  DI SMP FILIAL NEGERI 23 BUBAKAN SEMARANG ] Microsoft Word (PENERAPAN PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS BIOEDUTAINMENT PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI SMP FILIAL NEGERI 23 BUBAKAN SEMARANG ) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

Kusumowati, Titis Elia. 2010. Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Bioedutainment Pada Materi Pokok Ekosistem Di SMP Filial Negeri 23 Bubakan Semarang. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Andin Irsadi S.Pd., M.Si. dan Ir. Nana Kariada TM, M.Si. Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran di sekolah saat ini yaitu rendahnya daya serap peserta didik. Penyebabnya yaitu kondisi pembelajaran yang masih konvensional dan bersifat teacher centris. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini mengkaji satu cara belajar untuk mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok ekosistem dengan menerapkan pembelajaran biologi berbasis bioedutainment. Strategi bioedutainment adalah strategi pembelajaran biologi yang menghibur dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi berbasis bioedutainment materi ekosistem di SMP Filial Negeri 23 Bubakan Semarang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei 2010 semester genap tahun ajaran 2009/2010 di SMP Filial Negeri 23 Bubakan Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII sebanyak empat kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 3 kelas yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi bioedutainment, variabel terikatnya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa, sedangkan variabel kendalinya adalah alokasi waktu. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen, dengan desain One Shot Case Study. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 89,8% dari keseluruhan siswa kelas VIIK, VIIM, dan VIIN aktif dan sangat aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa secara klasikal 98,15% memperoleh nilai ≥ 60. Dengan demikian strategi pembelajaran yang diterapkan telah mencapai ≥ 85% siswa aktif serta memperoleh nilai ≥ 60. Temuan lain menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan hasil pengamatan selama proses pembelajaran dan tanggapan guru maupun siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran diketahui bahwa proses pembelajaran materi ekosistem yang diterapkan dapat menjadikan aktivitas siswa tinggi dan hasil belajar siswa memenuhi KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi ekosistem dengan menerapkan strategi bioedutainment dapat diterapkan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pembelajaran biologi, bioedutainment, ekosistem

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran biologi, bioedutainment, ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:20
Last Modified: 27 Nov 2011 09:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9382

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item