PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI HEWAN VERTEBRATA DENGAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DISERTAI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI SMAN 1 GODONG


Hariroh Ulul Afidah, 4401406085 (2011) PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI HEWAN VERTEBRATA DENGAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DISERTAI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI SMAN 1 GODONG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

This is the latest version of this item.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI HEWAN VERTEBRATA DENGAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DISERTAI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI SMAN 1 GODONG] Microsoft Word (PEMBELAJARAN KONSEP KLASIFIKASI HEWAN VERTEBRATA DENGAN MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) DISERTAI MEDIA KARTU BERGAMBAR DI SMAN 1 GODONG) - Published Version
Download (54kB)

Abstract

Afidah, Hariroh Ulul. 2010. Pembelajaran Konsep Klasifikasi Hewan Vertebrata dengan Model Kooperatif Student Team Achievement Divisions (STAD) disertai Media Kartu Bergambar di SMAN 1 Godong. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Drs. Bambang Priyono, M. Si dan Ir. Nur Rahayu Utami, M. Si Konsep klasifikasi hewan vertebrata bersifat abstrak karena dalam pembelajarannya guru masih menggunakan metode ceramah. Pembelajaran konsep tersebut di SMAN 1 Godong belum memanfaatkan media lain yang mendukung, sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Guru perlu meningkatkan model dan media pembelajaran yang bervariasi. Dalam penelitian ini dipilih model Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan alasan STAD merupakan model kooperatif yang sederhana dan mudah diterapkan dalam pembelajaran. Media yang digunakan yaitu kartu bergambar. Kartu bergambar dapat memperjelas konsep yang abstrak menjadi nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada konsep klasifikasi hewan vertebrata di SMAN 1 Godong dengan model STAD disertai media kartu bergambar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Godong Semester Genap Tahun Ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 10 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 3 kelas yang diambil dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran kartu bergambar dengan model kooperatif STAD, sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa SMAN 1 Godong. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain One Shot Chase Study. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83,38% keseluruhan siswa kelas X-C, X-D dan X-G aktif dan sangat aktif dalam pembelajaran, 100% siswa memperoleh nilai ≥ 68, serta 94,46% kinerja guru sangat tinggi dalam pembelajaran. Dengan demikian model dan media pembelajaran yang diterapkan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% siswa aktif dan sangat aktif dalam pembelajaran serta 85% siswa memperoleh nilai ≥ 68. Simpulan penelitian ini adalah model STAD disertai media kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada konsep klasifikasi hewan vertebrata. Kata Kunci: Kartu bergambar, konsep klasifikasi hewan vertebrata, model kooperatif STAD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kartu bergambar, konsep klasifikasi hewan vertebrata, model kooperatif STAD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3258 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:22
Last Modified: 27 Nov 2011 09:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9365

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item