PEMANFAATAN MEDIA SPECIMEN MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP 2 KALIWUNGU KUDUS


Lismawati, 4401406010 (2011) PEMANFAATAN MEDIA SPECIMEN MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP 2 KALIWUNGU KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of PEMANFAATAN MEDIA SPECIMEN MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP 2 KALIWUNGU KUDUS ] Microsoft Word (PEMANFAATAN MEDIA SPECIMEN MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DI SMP 2 KALIWUNGU KUDUS )
Download (73kB)

Abstract

Lismawati. 2010. Pemanfaatan Media Specimen Melalui Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup Di SMP 2 Kaliwungu Kudus. Skripsi, Jurusan biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang. Dra. Chasnah, Andin Irsadi, S. Pd, M. Si. Pelaksanaan pembelajaran biologi pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup di SMP 2 Kaliwungu Kudus masih bersifat teacher centered learning dan guru belum memanfaatkan fasilitas sekolah secara optimal. Selain itu, guru kurang memberikan variasi dalam pembelajaran. Cakupan materi yang terlalu luas karena terdiri dari Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia serta banyaknya istilah ilmiah membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep. Salah satu metode dan media yang diharapkan dapat mengkonkritkan pemahaman siswa adalah pembelajaran menggunakan media specimen disertai Quantum Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media specimen melalui pembelajaran Quantum Teaching dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup di SMP 2 Kaliwungu Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII semester genap SMP 2 Kaliwungu Kudus tahun ajaran 2009/2010 dengan desain One Shoot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 6 kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, VIIE, dan VIIF. Sampel yang digunakan adalah kelas VIIB, VIIC dan VIID yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data yang diperoleh berupa hasil belajar siswa, aktivitas siswa selama pembelajaran, data kinerja guru dalam mengajar dan data tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media specimen melalui pembelajaran Quantum Teaching. Hasil penelitian pemanfaatan media specimen melalui pembelajaran Quantum Teaching diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas VIIB 76,97, VIIC 77,15 dan VIID 77,36 dengan nilai tertinggi 96,67. Keaktifan siswa termasuk dalam kriteria keaktifan yang sangat tinggi dengan presentase pada kelas VIIB sebesar 87,18%, kelas VIIC 87,5% dan kelas VIID 86,84%. Kinerja guru dalam pembelajaran sangat baik yaitu kelas VIIB mencapai 96,08%, VIIC 92,16%, VIID 90,19 % sedangkan tanggapan siswa terhadap pembelajaran memberikan tanggapan sangat baik yaitu 90,97% kelas VIIB, 92,75% kelas VIIC, dan 91,32% kelas VIID. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media specimen melalui pembelajaran Quantum Teaching dapat mengoptimalkan hasil belajar siswa pada materi Keanekaragaman Makhluk Hidup di SMP 2 Kaliwungu Kudus. Kata Kunci : Pemanfaatan Media Specimen, Quantum Teaching, Hasil Belajar, Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:27
Last Modified: 27 Nov 2011 09:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9316

Actions (login required)

View Item View Item