PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL


Putri Ariani Purwono, 7101406590 (2011) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII DI  SMP N 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL ] Microsoft Word (PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 PANGKAH KABUPATEN TEGAL )
Download (75kB)

Abstract

Putri Ariani Purwono, 2010. ”Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Drs. FX. Sukardi, Pembimbing II : Dr. Hj. Sucihatiningsih DWP. M.Si Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Motivasi belajar dan Prestasi Belajar Ekonomi Lingkungan belajar siswa merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Disamping faktor lingkungan belajar, motivasi belajar siswa juga dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan motor penggerak keberhasilan yang mengaktifkan siswa untuk melibatkan diri dalam mencapai keberhasilan dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana deskripsi pengaruh antara lingkungan belajar dan motivasi belajar Terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal baik secara Parsial maupun Simultan? 2) Adakah pengaruh antara lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap pretasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal secara parsial maupun simultan. 3) Seberapa besar pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal secara parsial maupun simultan?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan angket atau kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal yang berjumlah 389 siswa yang terbagi dalam 9 kelas sedangkan sampel berjumlah 81 siswa. Dalam penelitian ini ada dua variabel bebas yaitu lingkungan belajar dan motivasi belajar serta variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa. Metode analisis data menggunakan, analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, regresi berganda, uji F dan uji T. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa variabel lingkungan belajar termasuk kategori baik sebesar 50,62% dan motivasi belajar termasuk kategori baik sebesar 70,37%,. Untuk variabel prestasi belajar termasuk kategori t sebesar 70,37%. Hasil analisis regresi ganda memperoleh persamaan Y= 15,838 + 0,209 X1 + 0,554 X2. Kesimpulan lain dari penelitian ini sebagai berikut : uji keberartian regresi secara parsial diperoleh thitung untuk lingkungan belajar sebesar 3,269 dengan probabilitas 0,002 < 0,05 yang berarti secara parsial ada pengaruh yang signifikan sedangkan untuk motivasi belajar diperoleh thitung sebesar 4,908 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 yang berarti secara parsial ada pengaruh yang signifikan. Uji secara simultan diperoleh Fhitung sebesar 45,432 dengan probabilitas 0,000 < 0,05 yang berarti secara simultan ada pengaruh yang signifikan. Beberapa saran yang dapat penulis ajukan bekenaan dengan kelemahan dari penelitian ini adalah : 1) Orang tua hendaknya dapat memeberikan fasilitas bealajar yang lengkap dan mengarahkan anak dalam membagi waktu bermain dan belajar. 2) Untuk motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh terbesar terhadap prestasi belajar siswa, guru hendaknya memotivasi siswa untuk tekun menghadapi tugas dan ulet menghadapi tugas yang sulit sehingga diharapkan prestasi belajar akan meningkat. 3) Siswa hendaknya lebih mengurangi waktu bermain untuk lebih tekun dan ulet menghadapi tugas sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 3314 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2011 09:29
Last Modified: 27 Nov 2011 09:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9287

Actions (login required)

View Item View Item