(ABSTRAK.doc)Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Materi Pokok Zaman Pra Aksara Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 Dengan Blog Pra Sejarah.


M. SUGIYANTO NURRAHMAN, 3101404026 (2010) (ABSTRAK.doc)Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Sejarah Materi Pokok Zaman Pra Aksara Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 7 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 Dengan Blog Pra Sejarah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
PDF (ABSTRAK) - Published Version
Download (80kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah kurang diminati peserta didik. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui blog pra sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar sejarah siswa melalui blog pra sejarah pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Semarang tahun pelajaran 2009 / 2010. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 32 peserta didik kelas VII A SMP negeri 7 Semarang. Tindakan pada siklus I adalah dengan pemberian tugas mempelajari materi pelajaran yang telah di jelaskan oleh guru di dalam kelas melalui web blog pra sejarah yang ada di internet. Tindakan pada siklus II penugasan mempelajari materi pelajaran yang telah di jelaskan oleh guru di dalam kelas melalui web blog pra sejarah yang ada di internet secara berkelompok, dan setelah itu dilanjutkan diskusi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar IPS Sejarah pada siswa Kelas VIIA SMP Negeri 7 Semarang tahun pelajaran 2009/2010. Hasil tindakan penelitian siklus I dari 63,34 menjadi 77,00 dan tindakan siklus II dari 77,00 menjadi 86,53. Dengan tindakan penelitian pembelajaran inovasi pembelajaran melalui penelusuran blog pra sejarah di internet sebagai pendalaman materi pembalajaran. Ketuntasan belajar menjadi lebih baik semua peserta didik melebihi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di SMP 7 pada pelajaran IPS sejarah yaitu sebesar 66. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan perlunya upaya-upaya peningkatan inovasi pembelajaran dengan memanfatkan teknologi informasi khususnya dalam pelajaran sejarah sehingga dapat memberikan motivasi belajar sejarah bagi peserta didik. Guru perlu mengarahkan kepada peserta hal-hal apa yang harus dicari di internet berkenaan dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, blog pra sejarah.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Alvian Unnes
Date Deposited: 24 Nov 2011 09:41
Last Modified: 24 Nov 2011 09:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/9255

Actions (login required)

View Item View Item